Utang Pemerintah Rp 7.040,32 T, Pemerintah Klaim Rasio Utang Masih Sangat Bagus

  • 11 Juni 2022 10:04:25
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah menyatakan rasio utang Indonesia masih jauh lebih aman dan terkendali jika dibandingkan dengan negara lain. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Susiwijono menyatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah cukup berhati-hati dalam menangani utang negara. 

Untuk kebijakan utang nanti di Bu Menkeu (Sri Mulyani). Intinya kalau dari sisi itu Bu Menteri sudah prudent sekali. Dan kita kalau mau jujur, dengan negara lain rasionya pun juga masih sangat bagus sekali, kata Susiwijono, Jumat, 10 Juni 2022.

Per akhir April 2022, utang pemerintah sebesar Rp 7.040,32 triliun dengan rasio utang pemerintah terhadap PDB sebesar 39,09 persen. Secara nominal, ada penurunan total outstanding dan rasio utang terhadap PDB dibandingkan dengan realisasi Maret 2022.

Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) David Sumual menilai rasio utang Indonesia dibandingkan dengan negara lain bisa terbilang aman. Selama pandemi, utang terhadap PDB, baik negara maju maupun negara berkembang meningkat.

Ia menjelaskan sebelum pandemi, rasio utang Indonesia berada di kisaran 29 hingga 30-an persen. Ketika memasuki tahun 2022, rasio utang Indonesia sudah mengarah ke 40 persen.

Meski begitu, menurut David, yang paling penting adalah jangan sampai ada akselerasi dari jumlah utang Indonesia tapi tidak diimbangi dari sisi akselerasi pertumbuhan ekonomi.


https://bisnis.tempo.co/read/1600671/utang-pemerintah-rp-7-04032-t-pemerintah-klaim-rasio-utang-masih-sangat-bagus

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1600671/utang-pemerintah-rp-7-04032-t-pemerintah-klaim-rasio-utang-masih-sangat-bagus
Tokoh





Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati, Susiwijono,
companies ADA, PT Bank Central Asia Tbk,
ministries Kemenkeu, Kementerian Keuangan,
topics Utang Pemerintah,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,