Apple Masuk Bisnis Pay Later, Siapa Tersingkir?

  • 11 Juni 2022 08:07:35
  • Views: 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Langkah Apple masuk ke industri beli sekarang, bayar nanti alias pay later rupanya menarik perhatian pesaing perusahaan fintech yang memelopori tren tersebut.

Cara ini menempatkan pemain lawas seperti PayPal, Affirm dan Klarna ketar-ketir. Ketakutannya adalah bahwa Apple dapat menarik banyak pengguna sehingga mereka meninggalkan layanan yang sudah ada.

Pasar pay later sendiri sudah menunjukkan tanda-tanda masalah. Bulan lalu, Klarna memberhentikan 10% dari tenaga kerja globalnya, mereka menyalahkan perang di Ukraina dan kekhawatiran akan resesi.

Tiga kali lipat kenaikan inflasi, suku bunga yang lebih tinggi, dan pertumbuhan ekonomi yang melambat telah membuat masa depan industri ini diragukan.

Ini akan berakhir dalam masalah karena kredit selalu harus dilonggarkan dan dibayar kembali, kata CEO perusahaan fintech Inggris ClearBank, Charles McManus, dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (10/6/2022).

McManus mengatakan sektor ini mendorong orang ke dalam utang yang tidak mampu mereka bayar, karenanya industri ini harus diatur.

Sementara, Sebastian Siemiatkowski, CEO Klarna, menyebut peluncuran Apple Pay Later menandai kemenangan besar bagi konsumen di seluruh dunia.

Plagiarisme juga merupakan bentuk sanjungan tertinggi, cuitnya di awal pekan ini.

Di satu sisi, Ken Serdons, chief commercial officer dari perusahaan rintisan pembayaran Belanda Mollie, mengatakan fitur BNPL Apple meningkatkan standar untuk fintech yang beroperasi di pasar. Mollie menawarkan pinjaman cicilan melalui kemitraan dengan sesama perusahaan fintech in3.

Ruang BNPL semakin ramai dengan masih banyak pemain baru yang masuk ke pasar, ujarnya.

Akan sulit bagi pemain dengan proposisi di bawah standar untuk bersaing secara efektif melawan pemain terbaik di luar sana.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Iphone Gak Laku! Karyawan Apple Lebih Pilih Pakai HP Android


(roy/roy)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220610191044-37-346146/apple-masuk-bisnis-pay-later-siapa-tersingkir

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220610191044-37-346146/apple-masuk-bisnis-pay-later-siapa-tersingkir
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, PayPal,
products fintech, iPhone,
nations Belanda, Indonesia, Inggris, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities California,
brands Apple,