Masih Trauma Pulang ke Rumah, Sejumlah Warga Mamuju Pilih Bertahan di Tenda Pengungsian

  • 11 Juni 2022 07:47:10
  • Views: 12

Suara.com - Sejumlah warga di beberapa titik di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat masih bertahan di tenda-tenda pengungsian hingga hari ketiga pasca gempa 5,8 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut.

Puluhan anak-anak tampak bermain di depan tenda pengungsian yang ada di Stadion Manakara Mamuju pada Jumat (10/6/2022).

Hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Namun, anak-anak itu tetap riang seolah-olah melupakan trauma akibat gempa.

Ibu-ibu yang berada di sana pun terlihat bertahan di tenda-tenda pengungsian yang ada di Stadion Manakara.

Baca Juga: 5 Tips Self Healing agar Kamu Bisa Menghadapi Masa Lalu dengan Bahagia

Berbeda dengan hari sebelumnya, yakni pada Kamis (9/6), Stadion Manakarra Mamuju dipadati ratusan pengungsi di tengah aktivitas para relawan memberikan bantuan kepada warga yang mengungsi.

Hari ini, sebagian besar pengungsi, umumnya laki-laki beraktivitas di luar, seperti pada hari biasa. Tapi mereka akan kembali pada malam hari, kata salah seorang pengungsi Rahman.

Kendati demikian, ia bersama warga lain memilih tetap bertahan meskipun BNPB sudah mengimbau mereka untuk pulang ke rumah masing-masing. Mereka masih khawatir dengan kemungkinan adanya gempa susulan.

Mereka memilih bertahan di tenda pengungsian sampai situasi benar-benar sudah aman. Pada siang hari mereka bekerja seperti biasanya dan saat malam hari kembali ke pengungsian.

Kami masih trauma dan memilih tetap bertahan sampai benar-benar kami yakin sudah aman. Jadi, kalau siang, kami bekerja seperti bisa tetapi kami kembali ke sini (pengungsian) pada malam hari, tuturnya.

Baca Juga: Pemprov Sulbar Diminta Segera Percepat Pendaatan Akibat Gempa

Mereka takut jika terjadi gempa pada malam hari karena sulit untuk menyelamatkan diri.


https://www.suara.com/news/2022/06/11/074024/masih-trauma-pulang-ke-rumah-sejumlah-warga-mamuju-pilih-bertahan-di-tenda-pengungsian

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/11/074024/masih-trauma-pulang-ke-rumah-sejumlah-warga-mamuju-pilih-bertahan-di-tenda-pengungsian
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BNPB,
topics Gempa,
places SULAWESI BARAT, SULAWESI SELATAN,
cities Mamuju,