4 Tokoh Dunia yang Dekat dengan Soekarno, Ini Daftarnya

  • 11 Juni 2022 05:46:49
  • Views: 7

SEBAGAI Presiden RI sudah menjadi tugas Presiden Soekarno untuk memimpin negara dan menjalin kerja sama dengan negara lain. Bersamaan dengan hal itu, presiden pertama Indonesia ini juga menjalin persahabatan dengan sejumlah tokoh negara.

Berikut adalah daftar tokoh dunia yang dekat dengan Soekarno, sebagaimana dirangkum pada Sabtu (11/6/2022) :

John Fitzgerald Kennedy

Presiden ke-35 Amerika Serikat (AS) yang kerap dipanggil JFK ini dekat dengan Presiden Soekarno. Bahkan saking dekatnya, kisah persahabatan John F Kennedy dengan Soekarno diabadikan dalam buku berjudul Persahabatan Soekarno dan John F Kennedy dalam 1.000 Hari: The Untold Stories.

Diceritakan Presiden Soekarno sempat dongkol dengan Presiden AS sebelumnya, Eisenhower lantaran telah membantu pemberontakan PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi. Setelah AS berganti presiden, Soekarno mengunjungi Kennedy dan merasa cocok. Dari situlah persahabatan keduanya terjalin dengan erat.

Keduanya juga kerap memberikan hadiah mewah. Kennedy secara pribadi memberikan sebuah helikopter kepresidenan untuk Soekarno. Soekarno juga telah membangun sebuah paviliun mewah di Istana Negara untuk Kennedy yang sudah berjanji akan mengadakan kunjungan balasan ke Indonesia. Sayangnya, John F Kennedy tewas ditembak sebelum sempat mencoba paviliun istimewa itu.

Jawaharlal Nehru

India merupakan salah satu negara yang paling berjasa saat Indonesia mengumumkan kemerdekaan. Saat itu, India dipimpin Perdana Menteri Jawaharlal Nehru. Presiden Soekarno dan Nehru lantas bersahabat.

Tidak heran apabila keduanya menjadi dekat. Soekarno dan Nehru merupakan founding father atau bapak bangsa bagi kedua negaranya. Selain itu, keduanya bertekad menghilangkan kolonialisme dari Asia. India juga pernah mengirim bantuan berupa obat-obatan dan peralatan lain ketika Belanda memblokade wilayah Indonesia dari luar.

BACA JUGA:Kekuatan Militer Indonesia di Masa Presiden Soekarno, Disegani hingga Ditakuti Dunia 

Nikita Khrushchev

Bisa dikatakan hubungan persahabatan Soekarno dengan Nikita Khrushchev awalnya memang didasari kepentingan politik. Pada 1960-an, Soekarno menganggap AS tidak tulus dalam memberikan bantuan karena menuntut banyak hal.

Saat Uni Soviet menawarkan bantuan, Soekarno tentu langsung menyambutnya dengan baik. Bantuan yang diberikan Soviet berupa aneka persenjataan canggih untuk operasi militer merebut Irian Barat. Terdapat pesawat tempur, kapal selam, kapal patroli, pesawat pengebom hingga rudal antiserangan udara.

Kisah persahabatan kedua tokoh ini dinilai unik. Soekarno dan Khrushchev bahkan pernah tertangkap kamera tengah merokok bersama. Presiden pertama Indonesia itu juga menggambarkan bahwa Khrushchev sangat menghargainya.

Gamal Abdul Nasser

Selain India, Mesir berjasa dalam masa-masa awal Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Presiden Mesir Gamal Abdul Nasser tentu berperan besar dan bersahabat dekat dengan Soekarno.

Kedua presiden tersebut mempunyai visi yang sama, yaitu menggagas gerakan negara nonblok, serta menghilangkan kolonialisme Eropa dan Amerika dari negara-negara Asia dan Afrika. (Diolah dari berbagai sumber/Litbang MPI/Almas Taqiyya)


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/10/337/2609248/4-tokoh-dunia-yang-dekat-dengan-soekarno-ini-daftarnya?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/10/337/2609248/4-tokoh-dunia-yang-dekat-dengan-soekarno-ini-daftarnya?page=1
Tokoh



Graph