[HOAKS atau FAKTA] Mahasiswa Didoktrin Agen CIA untuk Demo Pemerintah RI

  • 10 Juni 2022 21:18:29
  • Views: 9

MerahPutih.com- Akun Twitter @purnomowardoyo membagikan sebuah video pada 26 April 2022 dengan klaim seorang pria yang jadi pembicara adalah agen CIA yang mendoktrin mahasiswa untuk berdemo dan melawan pemerintah Indonesia.

Video tersebut berdurasi 2 menit 20 detik dan mendapat 56 ribu tayangan serta mendapat 1935 suka, 1265 retweet, 278 komentar.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA] Minum Boba Menyebabkan Usus Buntu

Narasi:

Viralllkan agar cepat di tangkap, Agen CIA yang mendoktrin mahasiswa utk berdemo dan melawan Pemerintah RI..!! ?????????????,

Cek fakta:

Setelah ditelusuri Mafindo, klaim video tersebut adalah salah. Pria dalam video adalah Jeffrey A. Winters bukan agen CIA dan tidak sedang mendoktrin mahasiswa

Ditemukan video serupa dalam channel Youtube Edwin Irmansyah berjudul “Oligarchy Politics in Indonesia berdurasi satu jam, saat ia menjadi pembicara dalam acara kuliah umum di Universitas Negeri Jakarta pada Juni 2015 silam. Video yang beredar merupakan potongan video pada menit ke 58 detik 28.

Foto: Mafindo

Dilansir dari polisci.northwestern.edu, Jeffrey A. Winters adalah seorang profesor di bidang politik dan oligarki di Universitas Northwestern. Ia juga menerbitkan buku tentang Indonesia dan oligarki di Amerika Serikat.

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil penjelasan di atas, video dengan klaim agen CIA mendoktrin mahasiswa berdemo dan melawan pemerintah adalah salah dan dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: PBB Nyatakan Rusia Jadi Pemenang Perang Lawan Ukraina


https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-mahasiswa-didoktrin-agen-cia-untuk-demo-pemerintah-ri

Sumber: https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-mahasiswa-didoktrin-agen-cia-untuk-demo-pemerintah-ri
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter, YouTube,
ngos Mafindo,
institutions UNJ,
parties PBB,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,