Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Tembus Rp 825 T, Jokowi: Kita Awasi Terus

  • 10 Juni 2022 21:00:39
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencatat komitmen belanja produk dalam negeri telah mencapai Rp 825 triliun. Terkait kewajiban pembelian produk dalam negeri, ia memastikan akan terus mengawasinya.

Diketahui, Jokowi memerintahkan kepada kementerian, lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pemerintah daerah untuk belanja produk dalam negeri. Dengan begitu, harapannya akan membangun sektor-sektor lainnya di dalam negeri.

Terakhir kita catat semuanya dengan platform digital sekarang sudah masuk komitmen Rp 825 triliun, katanya dalam Peringatan HUT ke-50 Tahun HIPMI, Jumat (10/6/2022).

Guna mengawal perintahnya ini, Jokowi memastikan akan melakukan pengawasan secara ketat. Alasannya, anggaran yang digelontorkan termasuk cukup besar.

Sekarang kita cek betul, kita monitor betul, pantau betul karena anggaran kita gede banget, besar sekali. APBN, APBD, anggaran BUMN besar sekali, ungkapnya.

Ia menaksir dengan pembelian produk lokal, maka kegiatan industri kecil akan ikut bergerak. Sehingga harapannya, akan menurunkan ketergantungan impor sekaligus berpihak pada ekonomi dalam negeri.

Tak bisa seperti yang lalu-lalu kita biarkan akhirnya impor, padahal kita bisa produksi sendiri, dengan alasan macam-macam (untuk impor), sekarang ndak, di monitor, ada komitmennya, katanya.

Sehingga kita harapkan dari policy ini akan memunculkan trigger ekonomu untuk pertumbuhan di dalam negeri, tambah kepala negara.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Isu kerenggangan hubungan menerpa Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri. Rumor kerenggangan keduanya bahkan semakin santer terdengar dalam beberapa hari terakhir.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4983765/komitmen-belanja-produk-dalam-negeri-tembus-rp-825-t-jokowi-kita-awasi-terus

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4983765/komitmen-belanja-produk-dalam-negeri-tembus-rp-825-t-jokowi-kita-awasi-terus
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Megawati Soekarnoputri,
companies ADA, WhatsApp,
institutions HIPMI,
parties PDIP,
topics APBN,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,