Lakukan 3 Hal Ini Tiap Mengunduh Sesuatu dari Internet

  • 10 Juni 2022 14:04:38
  • Views: 11

TEMPO.CO, JakartaDi era digital seperti saat ini, aktivitas mengunduh sesuatu dari internet telah menjadi rutinitas tersendiri. Melalui internet, segala informasi yang dibutuhkan dapat dicari dan disimpan ke perangkat komputer maupun ponsel. Sering kali saat mengunduh dilakukan tanpa berpikir dua kali dengan mengabaikan standar keamanan. 

Akibatnya, mengutip situs Kaspersky, risiko serangan siber berupa malware, phising, hingga MitM sangat mungkin terjadi. Ini berbahaya lantaran dampak yang ditimbulkan tidak main-main, mulai dari hilangnya data privasi hingga dampak psikologis. Itulah sebabnya seseorang harus berhati-hati sebelum mengunduh sesuatu dari internet. 

Dilansir dari Real Simple, berikut tiga hal penting yang harus dilakukan agar tetap aman setiap kali mengunduh sesuatu dari internet:

1. Unduh Hanya dari Situs Terpercaya 

Dalam melancarkan aksinya, peretas biasanya akan membujuk pengguna internet untuk segera mengunduh sesuatu dari situsnya. Misalnya, menawarkan konten film atau musik secara gratis. Padahal, konten tersebut sudah dimanipulasi sedemikian rupa dengan menanam seperangkat virus tertentu. 

Karena itu, pastikan bahwa situs yang menjadi tempat untuk mengunduh sesuatu memiliki reputasi yang baik. Caranya dengan memeriksa halaman “tentang atau “hubungi kami pada situs tersebut. Cari nomor telepon, alamat kantor, muatan liputan berita, atau tanda lain bahwa ini adalah situs web yang dapat dipercaya. 

2. Pindai File dari Virus sebelum Mengunduhnya 

Memindai virus adalah satu langkah yang harus dilakukan sebelum mengunduh apa pun dari internet. Pastikan perangkat yang digunakan sudah terinstal perangkat lunak antivirus. Sebagian besar perangkat lunak antivirus, secara otomatis memindai file atau berkas apakah mengandung virus atau tidak. 

Sebelum mengunduh, pastikan aplikasi antivirus sudah dijalankan. Atau sebagai langkah pencegahan ekstra, jalankan perangkat lunak antivirus tersebut setelah mengunduh file. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa file tersebut tidak ada malware yang dapat meretas dan mencuri data pribadi. 

3. Perhatikan Ekstensi File 

Selain memindai file sebelum mengunduh atau menjalankannya, perhatikan ekstensi file–huruf yang muncul setelah nama file. Beberapa jenis extensi file tertentu ternyata dapat mengancam keamanan perangkat. “Extensi file seperti .exe atau .scr sering dianggap berbahaya dan harus dihindari, kata Casey Shull, pakar keamanan internet dari Frontier

HARIS SETYAWAN

Baca juga: 7 Tips untuk Hari Internet Lebih Aman di Twitter

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1600410/lakukan-3-hal-ini-tiap-mengunduh-sesuatu-dari-internet

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1600410/lakukan-3-hal-ini-tiap-mengunduh-sesuatu-dari-internet
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Kaspersky, Telegram, Twitter,
products malware,
places DKI Jakarta,
cases phising, serangan siber,