Pengamat: Tak Ada Alasan NKRI Disebut Negara Kepolisian Republik Indonesia

  • 10 Juni 2022 13:36:34
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT - Stigma Negara Kepolisian Republik Indonesia dianggap sangat tidak beralasan mengingat Polri adalah alat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di di bidang keamanan.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh pengamat kepolisian Irjen Pol. (Purn) Sisno Adiwinoto terkait adanya sosok yang 'menempelkan' stigma NKRI sebagai Negara Kepolisian Indonesia.

Menurutnya, selama pengawasan dilakukan oleh berbagai pihak terhadap Polri secara objektif dan proporsional, maka stigma itu tidak berlaku.

Baca Juga: Diam-diam Datangi Kantor Polisi Tanpa Izin Doddy Sudrajat, Mayang: Aku Pengen Minta Maaf ke Pihak Skincare

Sangat tidak beralasan pendapat yang memberikan stigma NKRI sebagai Negara Kepolisian Republik Indonesia, katanya, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sisno menuturkan ada tendensi munculnya stigma tersebut dan hanya karena ada anggapan keliru dan penyimpangan yang diindikasikan oleh buzzer terkait perwira tinggi Polri yang ingin maju sebagai anggota Komnas HAM.

Alasan lain juga yakni adanya perwira Polri yang memperoleh tugas sebagai pejabat kepala daerah oleh Menteri Dalam Negeri.

Dia menegaskan Polri merupakan alat negara yang memiliki tugas dan wewenang untuk memelihara, menjaga, dan menegakan keamanan serta ketertiban umum.

Baca Juga: Polisi Buru Sopir Truk dalam Kasus Penjualan Seorang Gadis di Garut

Ketentuan Pasal 30 ayat (4) UUD 1945 pun menyebutkan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014699384/pengamat-tak-ada-alasan-nkri-disebut-negara-kepolisian-republik-indonesia

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014699384/pengamat-tak-ada-alasan-nkri-disebut-negara-kepolisian-republik-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mayang,
companies ADA,
ministries Polisi,
ngos Buzzer, Komnas HAM,
topics NKRI,
products skincare, UUD 1945,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Garut,
cases HAM,