KBRI Helsinki Promosi Budaya di Indonesia-Finland Festival

  • 10 Juni 2022 12:03:32
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia dan Finlandia menyelenggarakan acara Indonesia-Finland Festival 2022 di Rautatientori, Helsinki, Finlandia, pada 4 dan 5 Juni 2022. Acara ini untuk merayakan awal musim panas dan memberikan kesempatan pada para pengunjung, yang berasal dari Finlandia dan berbagai negara lainnya menikmati sajian kuliner Indonesia, menyaksikan tari tradisional seperti Tor-tor, Lenggang Nyai, Gaba-Gaba, musik angklung, hingga berbagai penampilan lagu dan musik modern yang mengajak penonton bergoyang.

Selain makanan dan pertunjukan, terdapat berbagai tenda pariwisata, kerajinan khas Indonesia, dan pojok kanak-kanak yang menawarkan pengalaman permainan khas anak-anak Indonesia.

KBRI Helsinki dalam keterangan pada 9 Juni 2022 menjelaskan festival ini hasil kerja sama KBRI Helsinki, Kementerian Luar Negeri Finlandia, Pemerintah Kota Helsinki, Diaspora Indonesia, Bank Indonesia, Turkish Airlines, Bank BNI, kopi Mokkamestarit, dan berbagai pemangku kepentingan.

Acara Indonesia-Finland Festival 2022 di Rautatientori, Helsinki, Finlandia, pada 4 dan 5 Juni 2022. Sumber: dokumen KBRI Helsinky

Festival ini juga merupakan perayaan persahabatan Indonesia dan Finlandia. Kedua negara telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1954 dan memiliki nilai-nilai yang sama, seperti demokrasi dan keberlanjutan.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, Ratu Silvy Gayatri, dan Direktur Jenderal Departemen Amerika dan Asia, Kementerian Luar Negeri Finlandia, Y.M. Jari Sinkari, membuka Festival dengan pemukulan Gong Indonesia.

Festival ini juga memiliki kesamaan semangat dengan Kepresidenan Indonesia di G20 2022. Indonesia mengemban Kepresidenan G20 pada 2022 dan mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ untuk mendorong upaya bersama bagi pemulihan ekonomi dunia. Pertumbuhan yang inklusif, berpusat pada masyarakat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan merupakan komitmen utama Indonesia sebagai Ketua G20.

Indonesia-Finland Festival direncanakan diadakan setiap tahun untuk mengawali rangkaian acara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. Indonesia-Finland Festival berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan pemahaman bersama dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Sejumlah kegiatan dalam festival itu seperti promosi pengenalan wisata ke Indonesia, pertunjukan budaya, seni tradisional, dan kontemporer, festival kuliner, kids' corner (merasakan pengalaman permainan tradisional anak Indonesia dan Finlandia). Ada pula acara promosi Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi serta layanan kekonsuleran Indonesia.

Baca juga: Jenazah Eril Diduga Ditemukan Pejalan Kaki di Jembatan Bendungan Engehalde

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1600376/kbri-helsinki-promosi-budaya-di-indonesia-finland-festival

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1600376/kbri-helsinki-promosi-budaya-di-indonesia-finland-festival
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ratu Silvy Gayatri,
companies ADA, Google, Turkish Airlines,
ministries BI, Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
bumns BNI,
nations Amerika Serikat, Finlandia, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Helsinki,