Terimbas Wabah PMK, Harga Sapi Kurban Naik jadi Rp 21,6 Juta per Ekor

  • 10 Juni 2022 10:04:48
  • Views: 9

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Nanang Purus Subendro menyatakan harga hewan kurban saat ini sudah naik sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Kenaikan harga hewan kurban tersebut tak lepas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menghambat ketersediaan stok.

Gambarannya kalau tahun lalu sekitar Rp 62.000 – Rp 63.000 per kilogram rata-rata, sekarang sudah di angka Rp 72.000 per kilonya, ujar Nanang, Kamis, 9 Juni 2022.

Ia menjelaskan ukuran sapi yang diminati untuk kurban memiliki berat rata-rata 300 kilogram. Dengan begitu, harga sapi kurban tahun ini berkisar Rp 21,6 juta per ekor, atau melampaui tahun lalu yang sekitar Rp 18,6 juta per ekornya. 

Adapun Jawa Timur yang menjadi pemasok sapi hidup untuk hewan kurban paling terdampak wabah PMK dan pasokan di sana menjadi terganggu. Saat ini sapi yang diterima untuk dijual adalah yang hanya dari daerah bebas PMK, yakni Nusa Tenggara Barat (Bima) dan Bali yang ukurannya terbilang kecil.

Nanag menyebut meskipun Jawa Timur pemasok sapi terbesar di Indonesia, tapi ketika terjadi wabah PMK, tak ada pasokan dari Jawa Timur. Sehingga pasokan sangat terbatas, sangat kurang dari semestinya ini yang menyebabkan harganya terpaksa harus naik, tuturnya.


https://bisnis.tempo.co/read/1600328/terimbas-wabah-pmk-harga-sapi-kurban-naik-jadi-rp-216-juta-per-ekor

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1600328/terimbas-wabah-pmk-harga-sapi-kurban-naik-jadi-rp-216-juta-per-ekor
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Tulungagung,
animals Kambing, Sapi,