Ini Satu-satunya Wilayah yang Masih Terapkan PPKM Level 2

  • 10 Juni 2022 08:07:12
  • Views: 15

IDXChannel - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seluruh Indonesia, diperpanjang hingga 4 Juli 2022. 

Namun nyatanya masih ada satu wilayah Indonesia dilevel 2. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers hari ini (9/6). 

Dia mengatakan Kabupaten Teluk Bintuni yang masih dilevel 2. Berdasarkan kedua inmendagri tersebut seluruh wilayah di jawa dan bali berada di ppkm level 1. Sedangkan di luar Jawa-Bali hanya satu kabupaten yang berada di level 2 yaitu Teluk Bintuni di Provinsi Papua Barat, ujar Wiku dari YouTube BNPB, Kamis (9/6/2022)

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait alasan mengapa PPKM diperpanjang. Dia menerangkan ada 3 alasan yaitu berdasarkan data transmisi komunitas yang disusun Kementerian Kesehatan. Kedua, berdasarkan dua aturan di atas, seluruh wilayah kabupaten dan kota di pulau Jawa-Bali saat ini berada di level 1.

Kemudian, sesuai Instruksi Mendagri No. 29 Tahun 2022, untuk wilayah Jawa-Bali. Lalu Instruksi Mendagri No. 30 Tahun 2022 untuk wilayah luar Jawa-Bali. Ketika bahwa keputusan PPKM level 1 di seluruh Indonesia, terkecuali Teluk Bintuni berlaku selama 1 bulan. 

Pembaharuan dalam aturan tersebut pertama kebijakan ppkm saat ini dengan indikator yaitu upaya penyesuaian kesehatan masyarakat. Dan pembatasan sosial dan batasan transmissi komunitas yang disusun kemenkes, jelasnya 

Dengan itu, Wiku berharap agar para pemerintah daerah segera melakukan penyesuaian, atas PPKM yang telah diperpanjang sebulan kedepan. 

Dimohon pemerintah daerah untuk segera melaksanakan penyesuaian dengan aturan atau Kebijakannya masing-masing. Ketiga hasil assessment kota akan berlaku sampai 1 bulan kedepan sampai tanggal 4 Juli 2022, ucap Wiku. 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/ini-satu-satunya-wilayah-yang-masih-terapkan-ppkm-level-2

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/ini-satu-satunya-wilayah-yang-masih-terapkan-ppkm-level-2
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
companies ADA, MNC, YouTube,
ministries BNPB, Kemendagri, Kemenkes,
topics PPKM,
nations Indonesia,
places PAPUA, PAPUA BARAT,
cities Teluk Bintuni,
cases covid-19,