Soal Tiket Candi Borobudur, Luhut Ungkap Pelibatan UNESCO

  • 10 Juni 2022 08:04:20
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa penetapan harga tiket Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal didasarkan pada studi mendalam. Ia bahkan menyebut ada pelibatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO karena candi Buddha terbesar itu masuk dalam situs warisan dunia.

Jadi mengenai Borobudur, kita bikin studi komprehensif dengan UNESCO di situ dan angka itu keluar. Tapi karena ribut semua, kita tunda itu, kata Luhut dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR di Jakarta, Kamis, 9 Juni 2022.

Salah satu dari hasil studi itu adalah Candi Borobudur telah mengalami pengurangan ketinggian dan kerusakan akibat beban pengunjung. Maka,  jumlah pengunjung akan dibatasi tidak lebih dari 1.200 orang per hari sebagaimana disarankan UNESCO.

Terlebih, menurut Luhut, ke depan akan ada jalan tol baru yang akan melintasi wilayah Borobudur. Luhut memperkirakan sekitar 26 juta pengguna jalan akan melewati dan berpotensi mengunjungi Borobudur.

Jadi dengan kita buka jalan tol sekarang, itu satu tahun akan masuk 26 juta orang, berapa juta bisa masuk ke Borobudur, kata Luhut.

Selain itu, Luhut menyinggung soal kondisi homestay di wilayah sekitar Borobudur yang sudah kembali dipenuhi oleh wisatawan dengan pembukaan kembali pariwisata setelah penyebaran Covid-19 berkurang. Hal itu bisa membuat kunjungan ke destinasi wisata itu meningkat.

Luhut menyebut hal-hal itu yang menjadi pertimbangan untuk menerapkan kebijakan baru bagi kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur demi memenuhi kebutuhan revitalisasi cagar budaya tersebut. Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi juga memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan sektor pariwisata sehingga Luhut terlibat dalam penetapan harga tiket Candi Borobudur.

Adapun saat ini, pemerintah memutuskan untuk menunda sementara penerapan tiket Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal yang ingin naik ke area stupa. PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur bersama pihak terkait akan berkomunikasi lagi untuk penetapan harga tiket itu.

Baca jugaRamai Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Harga Tiket 7 Situs Warisan Dunia

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1600289/soal-tiket-candi-borobudur-luhut-ungkap-pelibatan-unesco

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1600289/soal-tiket-candi-borobudur-luhut-ungkap-pelibatan-unesco
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA, PT Taman Wisata Candi, Telegram,
ministries DPR RI,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,