Wanti-wanti Jokowi soal Sengketa Lahan Bisa Buat Orang Pedang-pedangan

  • 10 Juni 2022 07:24:06
  • Views: 6

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan peringatan agar seluruh pihak terkait menyelesaikan masalah sengketa lahan. Jokowi lantas bicara mengenai bahaya sengketa lahan, salah satunya bisa memicu terjadinya bunuh-bunuhan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi, Kamis (9/6/2022). Jokowi awalnya menyoroti permasalahan sengketa lahan kerap terjadi karena ego sektoral di Kementerian hingga Pemda.

Jokowi berharap lewat GTRA ini bisa mengintegrasikan antara Kementerian dan Pemda untuk menuntaskan masalah sengketa lahan.

Nggak ada yang lain, agar sengketa-sengketa lahan itu bisa kita selesaikan, kata Jokowi.

Jokowi Jengkel HGB Lahan Luas Dipermudah, tapi Lahan Kecil Tidak

Jokowi merasa jengkel soal proses sertifikat HGB yang hanya dipermudah bagi pemilik tanah luas. Jokowi meminta persoalan lahan di tanah kecil juga bisa segera diproses.

Jokowi semula menceritakan pada 2015 terkait pentingnya sertifikat tanah. Jokowi tumpang tindih pemanfaatan lahan harus segera dituntaskan.

Tidak boleh lagi ada sengketa lahan karena setiap saya ke daerah, setiap saya ke desa, setiap saya ke kampung selalu persoalan sengketa lahan, sengketa tanah selalu ada, kata Jokowi dalam acara Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi, Kamis (9/6/2022).

Jokowi Bicara Potensi Konflik Akibat Sengketa Lahan

Jokowi kemudian bicara potensi konflik akibat sengketa lahan. Dia menyebut urusan tanah warga bisa berdampak ke berbagai sektor.

Bahaya lho yang kalau sudah namanya sengketa tanah, sengketa lahan bahaya banget. Orang bisa bunuh-bunuhan gara-gara itu. Orang bisa pedang-pedangan gara-gara sengketa lahan. Antar kampung berantem bisa karena sengketa lahan. Rakyat dan perusahaan bisa berantem karena sengketa lahan, ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan agar tidak main-main dengan masalah sengketa lahan. Jokowi juga menyebut dampaknya akan meluas kemana-mana.

hati-hati, ini hati-hati, dampak sosial, dampak ekonominya bisa kemana-kemana dan kalau sudah pegang yang namanya sertifikat, pegang, lanjut Jokowi.

Simak selengkapnya di halaman berikut


https://news.detik.com/berita/d-6119636/wanti-wanti-jokowi-soal-sengketa-lahan-bisa-buat-orang-pedang-pedangan

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6119636/wanti-wanti-jokowi-soal-sengketa-lahan-bisa-buat-orang-pedang-pedangan
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Muchlis,
companies ADA,
ministries gugus tugas,
places DKI Jakarta, SULAWESI TENGGARA,