Kulik Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp8,8 Miliar

  • 10 Juni 2022 07:09:15
  • Views: 16

IDXChannel - Dua tahun pandemi nampaknya membuat frekuensi aktivitas keluar rumah menjadi berkurang.

Akibatnya untuk mengusir rasa bosan, mencari hobi baru menjadi pilihan yang tepat. Hobi yang kerap dipilih untuk menambah aktivitas salah satunya adalah memelihara binatang, khususnya ikan hias

Terdapat beberapa ikan hias yang ternyata memiliki harga fantastis. Berikut ikan hias dengan harga termahal di dunia hingga harga miliaran rupiah.

1. Cichlid Louhan

Ikan louhan memang sudah dikenal sebagai jenis ikan hias yang harganya selangit. Salah satu jenis ikan louhan, yaitu Cichlid louhan atau Flowerhorn Cichlids dibanderol dengan harga termahal Rp8 miliar.

Jenis ikan louhan ini sejatinya telah lama dikembangkan dan dipopulerkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan, khususnya pada tahun 1990-an. Salah satu alasan mengapa Cichlid Louhan dipatok dengan harga selangit adalah karena ikan ini merupakan persilangan dari empat spesies Cichlid Amerika Tengah. Di antaranya dua spesies Red Devil, Midas, dan Quetzal Cichlids. Hibrida dari keempat spesies itu lantas menghasilkan punuk nuchal jantan, bibir yang menonjol, pola kebiruan, hitam, dan merah, serta sirip yang indah.

 2. Arwana Platinum

Arwana merupakan ikan air tawar hias yang mempunyai bentuk tubuh panjang dan warna sisik yang indah. Salah satu spesies arwana paling mahal jatuh pada ikan arwana platinum yang pernah didapati dengan harga paling mahal Rp5,5 milyar.

Arwana platinum merupakan ikan hias yang langka dan banyak diminati. Ikan ini sering dijumpai di perairan Afrika, Amerika Serikat, hingga Asia Tenggara. Karena harganya yang fantastis, terkadang arwana platinum memiliki chip khusus di dalam tubuhnya untuk membedakannya dari ikan lainnya.

 3. Koi Jepang

Ikan hias yang satu ini memang mempunyai warna indah dan cocok apabila dijadikan ikan hias dalam kolam buatan. Namun sebelum membelinya, seorang kolektor harus merogoh kocek yang sangat besar. Tidak tanggung-tanggung, koi jepang dibanderol seharga Rp28 miliar atau setara harga Lamborghini Aventador LP 700-4 2014.

Beberapa faktor yang membuat ikan koi jepang mempunyai harga selangit adalah corak emas, merah dan hitamnya yang unik yang terdapat pada ikan yang berbadan dasar warna putih ini. Selain mahal, pemeliharaan ikan koi cukup terbilang sulit karena membutuhkan kurang lebih 1.000 galon air.

4. Freshwater Polkadot Stingray

Ikan hias pari ini dibanderol seharga Rp1,3 miliar. Salah satu keunikan ikan laut ini terletak pada corak polkadotnya. Freshwater Polkadot Stingray sering dijumpai di perairan Brasil dan terdapat juga di perairan Sungai Amazon.

Kendati memiliki corak yang unik, Freshwater Polkadot Stingray memiliki sifat semi-agresif dan memiliki racun yang membuat mati rasa atau terluka. Ikan ini kini berada di bawah perlindungan pemerintah Brasil dan sudah tidak bisa dijualbelikan lagi.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/ecotainment/kulik-jenis-ikan-hias-termahal-di-dunia-ada-yang-harganya-rp88-miliar

Sumber: https://www.idxchannel.com/ecotainment/kulik-jenis-ikan-hias-termahal-di-dunia-ada-yang-harganya-rp88-miliar
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Amazon, MNC,
ministries KOI,
products emas,
nations Amerika Serikat, Brasil, Jepang, Malaysia, Taiwan, Thailand,
places rupiah,
brands Lamborghini,
animals ikan hias,