Legislator Ingatkan Tentang Fenomena Stagflasi

  • 09 Juni 2022 18:31:49
  • Views: 11

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad mengingatkan tentang fenomena stagflasi, atau potensi adanya keadaan inflasi yang sangat tinggi dan berkepanjangan, ditandai dengan macetnya kegiatan perekonomian.

“Meski ancaman Covid-19 mereda, tapi fenomena stagflasi, yakni fenomena di mana inflasi tinggi dan terjadinya resesi, masih menjadi ancaman ekonomi kita di tahun 2022, kata Kamrussamad, Kamis (9/6/2022).

Ia menjelaskan, inflasi sudah terjadi di berbagai negara, salah satunya akibat perang antara Rusia dengan Ukraina. Seperti Jerman menyentuh rekor inflasi tertinggi sejak 41 tahun di bulan April, yakni 7.4 persen.

Ancaman ini sudah di depan mata. Sebab di level global, gelombang tsunami inflasi sudah tidak terkendali. AS menyusul dengan rekor inflasi tertinggi sejak 1982 atau 40 tahun di 8.3 persen di bulan April, jelasnya.

Untuk itu, Kamrussamad meminta Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyiapkan mitigasi yang tepat. 

“Karena itu, kami mendorong KSSK, dalam hal ini Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) harus membangun komitmen bersama untuk terus memperkuat sinergi untuk menjaga Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) dan menyiapkan Mitigasi Resiko, sambungnya.

Menurutnya, risiko yang akan terjadi berbeda saat pandemi. Sebab, inflasi kali ini akan berdampak pada perusahaan dan lembaga keuangan.

“Risikonya berbeda dari pandemi. Saat pandemi itu terkena rakyat bawah dan UMKM, kalau yang ini sekarang suku bunga naik yang kena adalah korporasi dan lembaga keuangan. Ini adalah tipikal potensi financial crisis, ungkapnya.


https://rri.co.id/ekonomi/1486648/legislator-ingatkan-tentang-fenomena-stagflasi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1486648/legislator-ingatkan-tentang-fenomena-stagflasi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BI, DPR RI, Komisi XI DPR RI, KSSK, LPS, OJK,
topics Tsunami,
products UMKM,
nations Indonesia, Jerman, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,