Jokowi: Tiga Pelabuhan Baru Wakatobi Siap Dukung Kegiatan Masyarakat

  • 09 Juni 2022 18:09:04
  • Views: 10

Wakatobi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan di Dermaga Rakyat Wanci, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dia mengatakan fasilitas tersebut siap digunakan oleh masyarakat dan seluruh pihak terkait.
 
Hari ini tiga pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Pelabuhan Penyeberangan Tomia, dan Pelabuhan Penyeberangan Binongko kita resmikan dan siap untuk mendukung kegiatan masyarakat, ujar Jokowi di Wakatobi, Kamis, 9 Juni 2022.
 
Kepala Negara berharap mobilitas masyarakat dan logistik di kawasan semakin cepat dan mudah dengan kehadiran tiga pelabuhan baru. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, tiga pelabuhan penyeberangan perintis itu selesai dibangun pada 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketiganya memiliki panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam 5 meter, kapasitas sandar 1000 GRT, bertipe dermaga Dolphin, dan mampu melakukan bongkar muat plengsengan. Di sisi lain, Presiden juga meresmikan satu kapal motor penumpang (KMP) Sultan Murhum II yang dioperasikan melayani penyeberangan perintis empat kali sepekan.
 
Baca: Menhub: Pembangunan Infrastruktur Konektivitas Dilanjutkan Tahun Depan
 
KMP Sultan Murhum II merupakan kapal kedua yang beroperasi untuk melayani angkutan penyeberangan di Wakatobi. Berdasarkan penjelasan Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian Perhubungan, Junaidi, kapal yang akan melayani tiga rute operasional tersebut diproduksi PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar.
 
Moda transportasi yang dibangun dengan biaya Rp39,3 miliar itu memiliki kapasitas tampung 262 penumpang, 26 kendaraan roda empat, dan 16 truk berukuran sedang.
 

(ADN)


https://www.medcom.id/nasional/politik/VNngEp2b-jokowi-tiga-pelabuhan-baru-wakatobi-siap-dukung-kegiatan-masyarakat

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/VNngEp2b-jokowi-tiga-pelabuhan-baru-wakatobi-siap-dukung-kegiatan-masyarakat
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
nations Indonesia,
places SULAWESI SELATAN, SULAWESI TENGGARA,