90 Korban Pelecehan Dokter Tim Senam AS Gugat FBI Rp14 T, Ini Sebabnya

  • 09 Juni 2022 18:04:16
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Lebih dari 90 wanita mengajukan tuntutan hukum terhadap FBI karena agen di Biro Investigasi AS itu merusak penyelidikan kasus pelecehan seksual yang dilakukan mantan dokter tim senam Amerika Serikat Larry Nassar.

Peraih medali emas senam Olimpiade Simone Biles, Aly Raisman dan McKayla Maroney termasuk di antara wanita yang mengajukan gugatan terhadap FBI dengan tuntutan lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp14,5 triliun).

Sudah waktunya bagi FBI untuk bertanggung jawab, kata  firma hukum Manly, Stewart anda Finaldi dalam pernyataan, Rabu, 8 Juni 2022.

Pejabat FBI belum memberikan tanggapan atas gugatan ini.

Undang-undang klaim gugatan federal memungkinkan individu korban karena kelalaian atau tindakan yang salah atau kelalaian oleh pemerintah federal untuk mendapatkan kompensasi.

Para wanita tersebut menuduh FBI salah menangani laporan yang kredibel dari berbagai sumber dan gagal bertindak berdasarkan bukti kuat yang diterima agen tersebut pada Juli 2015. Mereka mengatakan kelambanan FBI memungkinkan Nassar untuk terus menganiaya wanita dan gadis muda hingga dia didakwa pada tahun 2016.

Pengajuan itu dilakukan dua minggu setelah Departemen Kehakiman AS mengatakan akan mempertahankan keputusan sebelumnya untuk tidak mengajukan tuntutan pidana terhadap mantan agen FBI yang dituduh merusak penyelidikan.

April lalu, 13 penyintas pelecehan seksual Nassar yang tidak disebutkan namanya mengajukan klaim gugatan administratif terhadap FBI, menuntut kompensasi $130 juta dari FBI atas tuduhan serupa.

Nassar, yang juga mantan karyawan Michigan State University, pada 2018 dijatuhi hukuman 175 tahun penjara karena melecehkan pesenam wanita muda yang dipercayakan kepadanya.

Pada September 2021, pesenam Olimpiade terkenal termasuk Biles dan Maroney memberikan kesaksian yang menyayat hati di hadapan panel Senat AS tentang pelecehan seksual yang mereka alami selama bertahun-tahun di bawah perawatan Nassar.

Pada kesempatan itu, para pesenam mengecam FBI atas kesalahan penanganan penyelidikan, dengan Biles menuduh biro menutup mata terhadap semua korban Larry Nassar.

Reuters


https://dunia.tempo.co/read/1600160/90-korban-pelecehan-dokter-tim-senam-as-gugat-fbi-rp14-t-ini-sebabnya

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1600160/90-korban-pelecehan-dokter-tim-senam-as-gugat-fbi-rp14-t-ini-sebabnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries FBI,
events Olimpiade,
products dolar AS, emas,
nations Amerika Serikat,
places DKI Jakarta,
cities Michigan,
cases pelecehan seksual,
musicclubs APRIL,