Kolaborasi PKS-PKB Dinamai Semut Merah, Ngakunya Siap Lawan Koalisi Partai 'Gajah'

  • 09 Juni 2022 17:49:23
  • Views: 9

Suara.com - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid memberikan nama koalisi semut merah untuk kolaborasi yang mereka bentuk bersama PKS.

Penggunaan kosakata semut itu berdasarkan pada basis konstituen mereka yang juga berasal dari masyarakat kecil.

Ya, saya bilang koalisi semut merah supaya gigitnya, ya, meskipun kecil kita bisa menyusup ke mana-mana, kata Jazilul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/6/2022).

Ia lantas berharap koalisi semut merah yang dibentuk PKB dan PKS itu dapat mengalahkan koalisi raksasa atau koalisi gajah.

Baca Juga: Analis: Jokowi, Megawati hingga Surya Paloh King Maker Pilpres 2024

Kalau suwit (suten) tentu semut menang dibanding gajah, kata Jazilul.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi optimis kolaborasi antara PKS dan PKB dengan membentuk koalisi akan menjadi daya tarik tersendiri, bukan saja untuk partai lain, tapi juga kandidat calon presiden.

Ia meyakini kalau kehadiran kolaborasi PKB dan PKS ini akan lebih menyemarakan kontestasi Pilpres 2024 karena tidak hanya ada dua pasangan. Mengingat koalisi PKB dan PKS disebut-sebut menjadi jalan ketiga di antara koalisi yang telah maupun yang akan ada.

Kalau PKB dan PKS bergerak bersama dengan kelebihan PKS dan PKB, ini akan menjadi perhatian semua capres, kata Aboe di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Walau optimis menjadi daya tarik bagi capres, Aboe mengakui adanya ganjalan untuk bisa mengusung capres. PKB dan PKS masih membutuhkan dukungan dari satu partai untuk bergabung.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Pranowo Paling Banyak Dipilih Kalau Pilpres 2024 Digelar Sekarang, Prabowo dan Anies Keok

Hal itu lantaran perolehan gabungan suara atau kursi PKB dan PKS di parlemen belum cukup atau belum mencapai ambang batas 20 persen untuk bisa mengusung capres lewat koalisi.


https://www.suara.com/news/2022/06/09/170301/kolaborasi-pks-pkb-dinamai-semut-merah-ngakunya-siap-lawan-koalisi-partai-gajah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/09/170301/kolaborasi-pks-pkb-dinamai-semut-merah-ngakunya-siap-lawan-koalisi-partai-gajah
Tokoh















Graph