Polisi soal Penyebab Kebakaran di Pabrik Tiner Tangerang: Ada Kelalaian

  • 09 Juni 2022 17:24:06
  • Views: 7

Tangerang -

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait kebakaran di pabrik tiner, Curug, Kabupaten Tangerang. Polisi menduga kebakaran terjadi karena adanya kelalaian.

Saya kira ada kelalaian. Karena penyebabnya itu kan ada akhinya itu macet dan dicoba perbaiki sendiri bukan oleh mekaniknya, ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Sarly Sollu kepada wartawan di lokasi, Kamis (9/6/2022).

Sarly menjelaskan sumber api berawal dari mobil tangki yang ada di pabrik tersebut. Percikan api dari mobil tangki menyambar ke bagian produksi dan bahan baku di pabrik tiner tersebut.

Penyebabnya ada dari percikan api, di mana selang yang mengantar selang untuk keluar dari pada mobil tangki itu tersumbat akibat aki yang menggerakkan itu mati. Kemudian dicoba lalu jatuh dan di situ ada percikan api dan menimbulkan kebakaran, jelas Sarly.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.40 WIB ketika pegawai sedang beristirahat. Sempat terjadi ledakan beberapa kali dalam peristiwa kebakaran ini.

Setelah terjadi ledakan, karyawan yang ada di situ berlarian dan melakukan pemadaman, imbuhnya.

Sarly belum memastikan apakah pihaknya akan melakukan pengusutan lebih lanjut terkait kebakaran ini. Polisi saat ini berkoordinasi dengan pihak perusahaan.

Yang jelas kita lakukan penyelidikan untuk lebih jelas penyebabnya apa. Dan kerugian segala macamnya akan kita koordinasikan dengan pihak perusahaan Warna Prima Kimiatama, imbuhnya.

Pihak kepolisian juga belum bisa memastikan kerugian materi yang diderita perusahaan akibat kebakaran tersebut.

Belum (kerugian), sementara ini belum. Karena kita masih nanya dulu karena sudah ada berapa kilo liter bahan yang terbakar di situ, imbuhnya.

Lebih lanjut Sarly meminta pihak perusahaan untuk menerapkan SOP dan keamanan serta melakukan evaluasi mengingat pabrik berada di permukiman penduduk.

Dan kita minta dari Kimiatama ini untuk mengevaluasi. Karena di sekitar pabrik ini adalah pemukiman. Jadi kita minta perusahaan ini untuk menerapkan SOP dan keamanan yang lebih ketat lagi, tegasnya.

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Api baru dapat dipadamkan setelah 3 jam kemudian.

(mei/isa)

https://news.detik.com/berita/d-6118849/polisi-soal-penyebab-kebakaran-di-pabrik-tiner-tangerang-ada-kelalaian

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6118849/polisi-soal-penyebab-kebakaran-di-pabrik-tiner-tangerang-ada-kelalaian
Tokoh



Graph

Extracted

persons Khairul,
companies ADA,
ministries Polisi,
organizations API,
places BANTEN,
cities Tangerang, Tangki,
cases kebakaran,