Jokowi Kenalkan Mobil Resmi Buat KTT G20, Roy Suryo Bahas Tugas Sales dan Presiden

  • 09 Juni 2022 16:48:18
  • Views: 16

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjukkan ke publik sekaligus menjajal mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, November 2022.

Uji coba mobil listrik tersebut dilaksanakan Jokowi pada kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022) lalu.

Adapun model mobil yang bernama Genesis produksi perusahaan Hyundai tersebut dinilai tak bersuara oleh Jokowi.

Saya kira halus, enggak ada suaranya, ujar presiden seusai menjajal mobil listrik tersebut bersama sang Ibu Negara, Iriana.

Baca Juga: Dibonceng Jokowi, Begini Gaya Iriana Saat Naik Motor Listrik di Kampung Mola

Sayangnya, tak semua pihak menyetujui tindakkan Jokowi tersebut.

Aksi Jokowi mengenalkan mobil listrik itu menuai perhatian dari sosok pakar telematika Roy Suryo, yang kerap melayangkan kritikan kepada sang presiden.

Roy Suryo nyinyir presiden jadi sales mobil

Cuitan
Cuitan Roy Suryo nyinyir aksi presiden Jokowi jadi sales mobil [Twitter/@KRMTRoySuryo2]

Roy Suryo melayangkan cuitan yang memuat nyinyiran terhadap aksi presiden tersebut pamer mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi para pemimpin negara G20.

Eks Menpora tersebut juga menyinggung soal tugas presiden yang tak mencakup memasarkan mobil. Hal ini dibagikan di akun Twitter pribadinya, @KRMTRoySuryo2.

Tak tanggung-tanggung, ia juga memberi analogi presiden Jokowi menjadi sosok sales atau pegawai pemasaran. Ia turut mencantumkan UUD 1945 Pasal 4 hingga Pasal 16 terkait tugas presiden.

Baca Juga: Curiga Deklarasi Anies Presiden Agenda Black Campaign, Eks Jubir HTI: Kami Tak Kenal Peserta Ngaku-ngaku Eks HTI

Sekarang jadi Sales, pak? Kok sampai 'segitu'-nya, sih? Tupoksi Presiden itu (kalau benar-benar bisa baca UUD 1945, Pasal 4 sd Pasal 16) sepertinya tidak ada lho sampai menjadi 'Petugas Pemasaran Mobil', tulis Roy Suryo dalam cuitannya menanggapi unggahan kunjungan kerja presiden tersebut.

Sosok pakar telematika tersebut juga menyoroti bahwa mobil yang Jokowi tunjukkan ke publik adalah produksi perusahaan asing.

Apalagi untuk mobil dengan merk asing, alias bukan karya anak bangsa begini. AMBYAR, sindir Roy Suryo.

Sejumlah warganet ikut nyinyir

Unggahan Roy Suryo yang memuat sindiran tersebut juga turut diamini oleh sejumlah warganet dalam kolom komentar.

Salah seorang warganet menyindir bahwa kapabilitas sang presiden hanya sebagai seorang sales.

Memang kapasitas dia cuma sales mas Roy. Ambyar, komentar akun @J****.

Warganet lain menyindir honor endorse yang seolah-olah akan diberikan kepada sang presiden lantaran digambarkan sebagai seorang agen pemasaran.

Siapa tahu dapat honor endors, cuit akun @An***

Tak berhenti di situ, warganet lain menyinggung soal mobil Esemka yang sempat dapat dukungan dari presiden beberapa waktu silam.

Bagus pasarkan mobil dalam negeri pak seperti ESEMKA, yang sudah dipesan 6000 unit dulu itu #konyol#, tulis akun @Jas***.

Kontributor : Armand Ilham


https://www.suara.com/news/2022/06/09/163021/jokowi-kenalkan-mobil-resmi-buat-ktt-g20-roy-suryo-bahas-tugas-sales-dan-presiden

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/09/163021/jokowi-kenalkan-mobil-resmi-buat-ktt-g20-roy-suryo-bahas-tugas-sales-dan-presiden
Tokoh









Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Iriana joko widodo, joko widodo, Roy Suryo,
companies ADA, Twitter,
ministries Kemenpora,
topics Listrik,
products Esemka, UUD 1945,
places JAWA TENGAH,
cities Batang,
transportations mobil listrik,
brands Genesis, Hyundai,