Badan Atom PBB Kecam Iran karena Sembunyikan 3 Fasilitas Nuklir 

  • 09 Juni 2022 16:30:21
  • Views: 13

Jakarta, IDN Times - Badan Energi Atom Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (IAEA) pada Rabu (8/6/2022) mengeluarkan sebuah resolusi yang mengkritik Iran. Resolusi ini diusulkan oleh negara barat seperti Amerika Serikat (AS), Inggris dan Jerman.

Iran dikritik karena dianggap tidak bersikap koperatif terhadap penyelidikan IAEA mengenai ditemukannya 3 fasilitas nuklir Iran yang tidak terdaftar. IAEA mendesak Iran segera memberi penjelasan atas penemuan tersebut.

1. Amerika Serikat dan sekutu was-was

Resolusi tersebut diajukan oleh Inggris, Prancis, Jerman, dan AS ke IAEA dan didukung oleh 30 negara. Hanya Rusia dan China yang menentang langkah tersebut.

AS dan sekutunya mendesak agar Iran segera memberi penjelasan atas temuan tersebut.

Kami mendesak Iran untuk mengindahkan seruan masyarakat internasional untuk memenuhi kewajiban hukumnya, dan bekerja sama dengan IAEA untuk sepenuhnya mengklarifikasi dan menyelesaikan masalah tanpa penundaan lebih lanjut, kata pernyataan bersama dari Jerman, Prancis, Inggris, dan AS, dilansir dari Deutsche Welle.

Baca Juga: Ilmuwan Rudal Iran Tewas Secara Misterius, Diduga Diracuni Israel

2. Iran kecam resolusi IAEA

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Sebelum pemungutan suara dimulai, Iran telah menyampaikan penolakannya terhadap resolusi tersebut.

Kepala badan nuklir Iran, Mohammad Eslami, menegaskan bahwa Teheran tak punya niat jahat dengan program nuklirnya. Ia juga menyebut bahwa IAEA menggunakan dokumen palsu untuk menyudutkan Iran.

Tidak hanya itu, Iran juga telah mematikan 2 kamera pengawas yang dipasang IAEA di fasilitas nuklirnya. Kamera itu dipasang sebagai bagian dari perjanjian Iran dengan AS pada 2015.

Dalam perjanjian itu, Iran menyetujui pengawasan terhadap program nuklirnya sebagai syarat pencabutan sanksi Washington. Namun, perjanjian tersebut sudah usang, pasca-AS menarik diri secara sepihak dan memberlakukan lagi sanksi bagi Iran, dilansir dari BBC.

3. Israel sampaikan dukungan

Israel menjadi salah satu negara yang mendukung resolusi kritik terhadap Iran. Israel memuji tindakan IAEA untuk mengungkap persenjataan nuklir Iran. 

Ini adalah resolusi signifikan yang mengungkap wajah asli Iran, kata Perdana Menteri, Naftali Bennett, dalam sebuah pernyataan.

Selain Israel, musuh bebuyutan Iran lainnya, Arab Saudi, juga mendukung keputusan IAEA. Arab Saudi mendesak agar Iran segera mematuhi kewajibannya dan bertindak koperatif agar permasalahan segera diselesaikan.

Baca Juga: Takut Dinuklir, Israel Akan Gelar Simulasi Perang Untuk Hancurkan Iran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


https://www.idntimes.com/news/world/leo-manik/badan-atom-pbb-kecam-iran-karena-sembunyikan-3-fasilitas-nuklir-c1c2

Sumber: https://www.idntimes.com/news/world/leo-manik/badan-atom-pbb-kecam-iran-karena-sembunyikan-3-fasilitas-nuklir-c1c2
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter,
parties PBB,
nations Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, Iran, Israel, Jerman, Prancis, Republik Rakyat Cina, Rusia,
places DKI Jakarta,
cities Washington,