Peternak Wajib Kantongi 2 Surat agar Bisa Berjualan di Tangsel

  • 09 Juni 2022 16:09:36
  • Views: 9

Tangsel: Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan telah menetapkan alur kedatangan hewan kurban dari berbagai daerah yang akan masuk ke Tangsel. Kepala Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yuniar, menegaskan setiap pelapak hewan kurban di Tangsel, harus memenuhi persyaratan sebelum di jual ke masyarakat. 
 
Terkait kurban, administrasinya kita tertibkan. Jadi kalau ada hewan ternak masuk dari luar harus ada surat keterangan memasukan (SKM) dari kami dan surat keterangan kesehatan hewan (SKHH) dari daerah asal, kata Pipit, Kamis, 9 Juni 2022.
 
Nantinya, persyaratan mendatangkan hewan kurban itu, akan diperiksa langsung oleh petugas puskeswan. Pemeriksaan dilakukan bersama kader peternakan yang ada di 54 wilayah kelurahan di Tangsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan kesehatan hewan dari daerah asal. Bisa saja di sana sehat, di sini dalam perjalanan sakit. Maka di lapak-lapak kita cek lagi kesehatan dengan 54 kader peternakan yang dilibatkan di 54 kelurahan, ungkap dia.
 
Baca: Pembuatan Vaksin PMK Ditargetkan Rampung Agustus
 
Menurut dia, penyakit hewan ternak yang paling menakutkan ialah antraks. Dengan mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini, masyarakat diminta tidak perlu terlalu khawatir, sebab penularan PMK tidak dapat ditransmisikan ke manusia.  
 
Kalau ternak kurban yang kita waspadai sebenarnya antraks, tapi antraks enggak kaya virus. Jadi dia bakteri dan susah menular, jadi dia lebih mudah pengendalian. Kalau cacingan masih bisa dikonsumsi hanya nanti rumah cacingnya saja diafkir, hatinya saja kalau memang parah. Kalau lainya masih bisa dikonsumsi. PMK ini juga bisa dikonsumsi dan enggak menakutkan buat kita, jelas dia.
 

(NUR)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/MkMD2evb-peternak-wajib-kantongi-2-surat-agar-bisa-berjualan-di-tangsel

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/MkMD2evb-peternak-wajib-kantongi-2-surat-agar-bisa-berjualan-di-tangsel
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
products Hewan kurban, vaksin,
places BANTEN,
cities Tangerang,