BI: Ekspektasi Konsumen Akan Kondisi Ekonomi Mendatang Makin Kuat

  • 09 Juni 2022 16:01:27
  • Views: 11

ILUSTRASI. Gedung Bank Indonesia di Jakarta.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan meningkat. Bank Indonesia (BI) mengatakan, ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi (IEK) Ekonomi Mei 2022 yang sbeesar 141,5 atau naik dari 127,2 pada bulan sebelumnya. 

“Peningkatan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang terutama oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi usaha ke depan, tulis Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporan Survei Konsumen edisi Juni 2022, Kamis (9/6). 

Erwin mengungkapkan, Indeks Ekspektasi Perkembangan Kegiatan Usaha tercatat 142,9 atau naik 17,9 poin dari 125,0 pada bulan April 2022. 

Peningkatan indeks terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran di antara Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. Sedangkan dari sisi usia, indeks juga tercatat meningkat pada seluruh kelompok usia responden. 

Baca Juga: BI: Konsumen Makin Yakin Dengan Kondisi Ekonomi Saat Ini

Selain itu, ekspektasi konsumen terhadap ketersediana lapangan kerja pada 6 bulan mendatan juga terpantau membaik, teirndikasi dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja Mei 2022 yang sebesar 142,1 atau naik 16,9 dari April 2022 yang sebesar 125,2. 

Ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja terpantau meningkat pada seluruh kategori pendidikan responden dan juga seluruh kategori usia responden. 

Seiring dengan meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja, responden memperkirakan penghasilan pada 6 buan mendatang juga naik. Ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Penghasilan yang sbeesar 139,4 atau naik 7,9 poin dari 131,5. 

Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok responden, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. DItinjau berdasarkan usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan juga meningkat pada seluruh kelompok usia responden. 

Baca Juga: Mobilitas Membaik, Masyarakat Makin Yakin terhadap Kondisi Ekonomi

Lebih lanjut, secara spasial, 17 kota yang disurvei oleh bank sentral terpantau mengalami kenaikan IEK, tertinggi di kota Pangkal Pinang dengan peningkatan 34,4 poin, diikuti Bandung dengan peningkatan 26,1 poin, serta Mataram dengan kenaikan 22,4. 

Kenaikan IEK juga kemudian menyumbang peningkatan pada kondisi kepercayaan konsumen pada Mei 2022, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2022 yang sebesar 128,9 atau meningkat dari 113,1 pada bulan April 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Bidara Pink
Editor: Herlina Kartika Dewi


https://nasional.kontan.co.id/news/bi-ekspektasi-konsumen-akan-kondisi-ekonomi-mendatang-makin-kuat

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/bi-ekspektasi-konsumen-akan-kondisi-ekonomi-mendatang-makin-kuat
Tokoh









Graph

Extracted

persons Erwin Haryono, Haryono, Kartika Dewi, Pink,
companies Google,
ministries BI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG, NUSA TENGGARA BARAT,
cities bandung, Mataram, Pangkal Pinang,
musicclubs APRIL,