Perjalanan Tarif Naik Borobudur Rp 750 Ribu Panen Kritik hingga Ditunda Luhut

  • 09 Juni 2022 14:54:19
  • Views: 7

Jakarta -

Tiket naik Candi Borobudur untuk turis lokal menjadi Rp 750 ribu. Namun, usai mendapat banyak sorotan, wacana kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur ini ditunda.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya sepakat membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur hanya 1.200 orang per hari dengan biaya USD 100 untuk turis mancanegara dan Rp 750 ribu untuk turis lokal. Luhut menyebut kenaikan harga itu semata-mata demi menjaga kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.

Kami juga sepakat dan berencana membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja, ungkap Luhut dalam akun Instagram pribadi miliknya, seperti dikutip, Minggu (5/6/2022).

Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara, sambungnya.

Luhut menerangkan, nantinya semua turis yang berkunjung ke Candi Borobudur harus menggunakan pemandu wisata dari warga lokal. Hal itu dilakukan, kata Luhut, agar terciptanya lapangan kerja baru bagi warga di sekitar kawasan Borobudur.

Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah Nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang, kata Luhut.

Dikutip dari laman Borobudurpark, Minggu (5/6/2022), tiket masuk Candi Borobudur terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama tiket biasa untuk dewasa hanya Rp 50 ribu saja dan tiket bundling Borobudur dan Samudera Raksa untuk dewasa Rp 65 ribu. Sedangkan untuk anak-anak harga tiketnya Rp 25 ribu.

Sementara itu, untuk wisman, harga tiket masuk Candi Borobudur di atas Rp 200 ribuan.

Yang Naik Tiket Naik Candi

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menjelaskan tiket seharga Rp 750 ribu per orang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur. Sementara itu, harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp 50 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

Sementara itu, itu kan tiket untuk naik ke candi. Tiket regulernya masih tetap sama, untuk wisnus Rp 50 ribu, untuk wisman USD 25. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja, kata Edy seperti dilansir Antara, Minggu (5/6/2022).

Edy mengatakan keputusan harga tiket menaiki bangunan candi sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal dan USD 100 untuk wisatawan mancanegara ditetapkan melalui rapat koordinasi. Rapat ini juga melibatkan pemerintah pusat.

Dia menjelaskan alasan ditetapkannya harga tiket tersebut dikarenakan adanya sistem kuota per hari bagi yang diperbolehkan naik ke atas Candi Borobudur. Pemerintah menetapkan kuota yang diperbolehkan naik ke atas candi hanya 1.200 orang per hari.

Bagaimana kelanjutan wacana kenaikan harga tiket ini? Baca di halaman selanjutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6118450/perjalanan-tarif-naik-borobudur-rp-750-ribu-panen-kritik-hingga-ditunda-luhut

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6118450/perjalanan-tarif-naik-borobudur-rp-750-ribu-panen-kritik-hingga-ditunda-luhut
Tokoh





Graph

Extracted

persons Edy Setijono, Luhut Binsar Panjaitan,
companies Instagram,
fasums Borobudur, Ratu Boko,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, rupiah,
cities Magelang,