6 Fakta Terkini Usai Ditangkapnya Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja

  • 09 Juni 2022 14:49:49
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan usai dijemput dari daerah Bandar Lampung, Lampung.

Sebelumnya, Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap Abdul Qadir Hasan Baraja pukul 06.30 WIB pada Selasa 7 Juni 2022. Ia pun langsung diterbangkan ke Polda Metro Jaya.

Disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, penahanan berkaitan dengan kasus penyebaran berita bohong dan aktivitasnya saat memimpin organisasi Khilafatul Muslimin yang dituding bersebrangan dengan ideologi Pancasila.

Menurut Zulpan, Abdul Qadir Hasan Baraja ditahan terhitung mulai hari ini, Selasa 7 Juni 2022.

Iya langsung ditahan, ujar Zulpan kepada wartawan, Selasa 7 Juni 2022.

Rupanya, Zulpan membeberkan, Abdul Qadir Hasan Baraja pernah dua kali mendekam di bui atas kasus terorisme.

Pernah ditahan terkait kasus terorisme pada Januari 1979 dan pengeboman Candi Borobudur pada 1985, kata Zulpan.

Zulpan mengatakan, Organisasi Khilafatul Muslimin menyebarkan ujaran kebencian dan menebarkan berita bohong. Dia menyebut, Khilafatul Muslimin bahkan berniat mengubah ideologi Pancasila menjadi kilafah.

Zulpan menerangkan, organisasi yang dipimpin Abdul Qadir Hasan Baraja memprovokasi dan menjelek-jelekan pemerintah sah di Indonesia.

Organisasi Khilafatul Muslimin menawarkan khilafah sebagai solusi penganti ideologi negara demi kemakmuran negeri dan kesejahterahan umat, kata Zulpan.

Berikut sederet fakta terkini usai ditangkapnya Pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Buntut dari viralnya video konvoi, pendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja ditangkap oleh pihak kepolisian di wilayah Lampung.


https://www.liputan6.com/news/read/4982280/6-fakta-terkini-usai-ditangkapnya-pimpinan-khilafatul-muslimin-abdul-qadir-hasan-baraja

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4982280/6-fakta-terkini-usai-ditangkapnya-pimpinan-khilafatul-muslimin-abdul-qadir-hasan-baraja
Tokoh



Graph

Extracted

persons Endra Zulpan,
companies WhatsApp,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
religions Islam,
fasums Borobudur,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, LAMPUNG,
cities Bandar Lampung,