Warga: Jalanan Hek Kramat Jati Masih Kerap Tergenang Limpasan Kali

  • 09 Juni 2022 14:26:28
  • Views: 9

Jakarta -

Warga di sekitar pertigaan Hek Kramat Jati menyatakan jalanan masih kerap tergenang karena limpasan Kali Baru yang menembus tanggul sementara. Warga masih menanti pembangunan tanggul permanen yang direncanakan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Limpasan air masih sering tumpah ke Jl Raya Bogor dan Jl Rahayu di Kramat Jati, Jakarta Timur. Masalah ini sudah dikeluhkan warga sejak September tahun lalu, awal musim penghujan.

Ya masih banjir. Kabarnya terakhir katanya mau dibikin semacam apa itu namanya, tanggul permanen ya? Tapi sampai sekarang belum aja. Noh akibatnya banjir terus kan kalau hujan, kita juga yang repot, ujar Usman, warga setempat saat ditemui detikcom di lokasi, Kamis (9/6/2022).

Dia berharap proyek tersebut dapat segera dituntaskan. Warga pun tengah menanti kepastian soal proyek tersebut. Ya saya sih berharapnya cepat tuntas saja ya. Biar gak ada banjir lagi, pungkasnya.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 12.40 WIB, air di kawasan tanggul tersebut tidak meluap. Tinggi air pun masih di batas wajar. Adapun kondisi air berwarna cokelat. Warnanya yang pekat membuat air tampak keruh.

KondisiKondisi tanggul di Kali Baru, kawasan pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Warga setempat berinisial U (50) menuturkan, banjir masih melanda kawasan tersebut. Meski hujan hanya sebentar, banjir kerap terjadi dan cukup lama. Soalnya, banjir di lokasi ini tidak terpengaruh hujan lokal melainkan terpengaruh oleh derasnya air kali dari arah Bogor.

Bahkan, sepekan ini, sambungnya, sudah dua kali terjadi banjir. Jalan di sekitar lokasi pun tergenang oleh air.

Seminggu ini sudah dua kali banjir. Saya lupa hari apa aja, tapi pas hujan sebentar itu di sini banjir. Jadi seminggu udah dua kali lah, ujar perempuan paruh baya ini kepada detikcom saat ditemui di lokasi, Kamis (9/6/2022).

KondisiKondisi tanggul di Kali Baru, kawasan pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Dia menambahkan, banjir berlangsung sampai dini hari. Warga setempat pun terpaksa membatasi diri untuk beraktivitas.

Lumayan lama ya, sampai malam itu banjirnya. Dari jam 16.00 WIB sampai jam 03.00 WIB malam, kata U.

Dia mengaku kawasan tersebut selalu banjir. Meski tidak hujan deras, banjir kerap mengguyur Jl Rahayu. Walaupun hujannya gak lama tetap banjir di sini, di dekat tanggul itu ya karena itu kan belum selesai ya katanya pengerjaannya, katanya.

Kalau hujan tuh juga di depan jalan tuh udah kayak air terjun, banjirnya ngguyur terus gak berhenti-berhenti, sambungnya.

(azl/dnu)

https://news.detik.com/berita/d-6118349/warga-jalanan-hek-kramat-jati-masih-kerap-tergenang-limpasan-kali

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6118349/warga-jalanan-hek-kramat-jati-masih-kerap-tergenang-limpasan-kali
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics Banjir,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Jati, Kramat, Kramat Jati,