Genjot Konektivitas, Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Di Wakatobi

  • 09 Juni 2022 14:10:04
  • Views: 7

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal roro di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6).

Ketiga pelabuhan penyeberangan yang diresmikan yaitu Pelabuhan Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sementara, satu unit kapal penyeberangan diresmikan yaitu Kapal KMP Sultan Murhum II.

Presiden Jokowi berharap, pelabuhan dan kapal baru yang beroperasi  itu semakin memudahkan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antar pulau di Wakatobi diharapkan semakin baik, ujarnya.

Berita Terkait : Bareng Ganjar, Jokowi Rayakan Hasil Panen Ribuan Petani Perhutanan Sosial

Sementara Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan kapal di Wakatobi ini merupakan salah satu wujud negara hadir melalui pembangunan transportasi yang Indonesia sentris.

Ketiga pelabuhan ini, kata Menhub, dibangun menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan diselesaikan dalam waktu dua tahun.

Kita bangun infrastruktur transportasi di pulau kecil dan terluar agar konektivitas bisa berjalan dengan baik, tegas BKS, sapaan akrab Budi Karya.

Menhub berharap, keberadaan pelabuhan dan kapal ini akan mendukung Wakatobi sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di Wakatobi dan sekitarnya.

Berita Terkait : Universitas Pancasila Persiapkan Lulusannya Bersaing di Kancah Global

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menjelaskan, jehadiran pelabuhan dan kapal ini sangat dinantikan masyarakat Wakatobi dan sekitarnya.

Kami pastikan apa yang dibangun ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di Wakatobi. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan para turis domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang ada di Wakatobi, tegasnya.

 

Dengan diresmikannya satu unit kapal, saat ini di Pulau Wakatobi dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II.

Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Kamaru-Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko PP.

Berita Terkait : Pengamat: Pendukung Pemilih Jokowi Berpaling Ke Prabowo

Untuk meringankan masyarakat, Kemenhub juga memberikan subsidi sebesar Rp 17,9 miliar untuk pelayanan kapal penyeberangan di Wakatobi yang dioperatori oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Melalui subisidi tersebut, diharapkan dapat memberikan tarif yang terjangkau bagi masyarakat. Adapun tarif angkutan penyeberangan di Wakatobi diantaranya, lintas penyeberangan Wanci-Kaledupa (38 mile) untuk orang dewasa Rp 70 ribu dan kendaraan gol 1 Rp 24 ribu.

Lintas Kaledupa-Tomia (34 mile) untuk orang dewasa Rp 62 ribu dan kendaraan gol 1 Rp. 20 ribu, serta lintas Tomia-Binongko (28 mile) untuk orang dewasa Rp 32 ribu dan kendaraan gol 1 Rp 10 ribu. ■


https://rm.id/baca-berita/government-action/127723/genjot-konektivitas-jokowi-resmikan-3-pelabuhan-di-wakatobi
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/127723/genjot-konektivitas-jokowi-resmikan-3-pelabuhan-di-wakatobi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi, joko widodo, Prabowo,
companies ADA, Dana,
ministries Kemenhub,
products Pancasila, SBSN, sembako, Syariah,
nations Indonesia,
places SULAWESI TENGGARA,