Kemenhub Pastikan Stasiun Gambir Belum akan Pensiun

  • 09 Juni 2022 12:59:06
  • Views: 19

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan(Kemenhub) meluruskan kabar bahwa Stasiun Gambir akan ditutup atau pensiun. Kemenhub memastikan bahwa Stasiun Gambir masih tetap melayani perjalanan KA jarak jauh. 

Stasiun Gambir masih tetap melayani perjalanan jarak jauh seperti biasa, ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Zulfikri menjelaskan, Stasiun Manggarai akan dikembangkan menjadi sebagai stasiun sentral. Hal ini  karena posisi stasiun tersebut sangat strategis dan perannya yang sangat vital dalam menunjang layanan kereta api di ibu kota.

Sebagai stasiun sentral, Manggarai akan melayani kereta jarak jauh. Namun sejauh ini hal ini belum dilaksanakan karena masih dalam tahap pembenahan dan pengembangan. Oleh sebab itu, saat ini Stasiun Gambir masih akan melayani kereta jarah jauh.

Untuk diketahui, Stasiun Manggarai menjadi stasiun tersibuk yang melayani lebih dari 20.000 penumpang dan 616 perjalanan KRL setiap hari sebelum pandemi.

Saat ini, Stasiun Manggarai sudah mengemban peran menjadi stasiun hub untuk tujuh persimpangan jalur kereta api yang terdiri dari jalur kereta api yang mengarah ke Jatinegara, arah ke Jakarta Kota, arah ke Tanah Abang, arah ke Bogor, arah ke depo KRL Bukit Duri, arah ke Pusat Gudang Persediaan, serta mengarah ke Balai Yasa Manggarai, ucapnya.

Dalam rangka mewujudkan transformasi Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral, diperlukan penyesuaian untuk menata dan mengkondisikan pergerakan kereta api dan penumpang di stasiun ini agar pembangunan dapat terus berlangsung. Salah satu penyesuaian tersebut dilakukan melalui kegiatan switch over (SO) 5 yang dilakukan pada Jumat (27/05) hingga Sabtu (28/05) silam.

SO 5 ini perlu dilakukan untuk memindahkan peron dan jalur aktif yang melayani KRL sehingga pembangunan dapat dilanjutkan pada sisi timur. Oleh sebab itu jika SO 5 tidak dilakukan, maka pembangunan stasiun sentral pertama di Indonesia ini dapat terhambat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Arus mudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, masih dipadati pemudik jarak pendek maupun jarak jauh hingga Sabtu 9 Juni 2018 malam.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4982137/kemenhub-pastikan-stasiun-gambir-belum-akan-pensiun

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4982137/kemenhub-pastikan-stasiun-gambir-belum-akan-pensiun
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
organizations API,
topics Mudik,
fasums Stasiun Gambir,
products KRL,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Bogor, Bukit Duri, Gambir, Jatinegara, Manggarai, Senen, Tanah Abang,