Mulai 2024, iPhone di Eropa Wajib Pakai USB Type-C

  • 09 Juni 2022 12:18:05
  • Views: 19

KOMPAS.com - Selama ini, lini ponsel bikinan Apple, iPhone mengandalkan port khusus, bernama Lightning untuk melakukan pengisian daya dan transfer data. Namun, semua itu bakal berubah pada 2024 mendatang, setidaknya untuk perangkat iPhone yang dijual di Eropa.

Pasalnya, seluruh model iPhone yang dijual di 27 negara Uni Eropa (Prancis, Irlandia, Polandia, Jerman, Swedia, Spanyol, Belanda, dan lainnya) wajib menggunakan port USB Type-C, sehingga harus menanggalkan port Lightning.

Hal ini menyusul disetujuinya aturan tentang port pengisian daya tunggal menggunakan port USB Type-C untuk perangkat elektronik yang dijual di Eropa, menjadi sebuah Undang-undang (UU) baru oleh Komisi Uni Eropa pada Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Eropa Wajibkan Seluruh Perangkat Elektronik Pakai USB-C Mulai 2024

Adapun jenis perangkat elektonik yang diwajibkan menggunakan port USB-C di antaranya adalah smartphone, tablet, laptop, earbuds/ True Wireless Stereo, dan speaker portable.

IlustrasiGSMArena Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.
Menurut keterangan tertulis di situs resmi Parlemen Eropa, aturan yang mengatur penggunaan charger USB Type-C di Eropa ini akan disahkan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juli-September 2022 ini.

Lalu, undang-undang tersebut bakal berlaku efektif dalam waktu 24 bulan (2 tahun) setelah diterbitkan, atau sekitar bulan Juli-September 2024.

Aturan ini bakal berlaku untuk semua vendor perangkat elektronik tanpa terkecuali, termasuk Apple.

Artinya, bila tetap ingin memasarkan iPhone di negara-negara Uni Eropa, Apple harus meninggalkan port Lightning. Lalu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini memiliki waktu maksimal dua tahun untuk meluncurkan iPhone dengan USB C di Eropa pada 2024 mendatang.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Vendor ponsel sudah beralih ke USB C, kecuali Apple

Saat ini, standar konektor universal yang didorong komisi Uni Eropa adalah USB tipe-C.

Para vendor ponsel Android sudah lebih dulu beralih ke USB-C. Sebut saja Samsung, Huawei, Xiaomi, Realme, Vivo, dan lainnya.


https://tekno.kompas.com/read/2022/06/09/08300077/mulai-2024-iphone-di-eropa-wajib-pakai-usb-type-c
 

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/06/09/08300077/mulai-2024-iphone-di-eropa-wajib-pakai-usb-type-c
Tokoh

Graph