Akan Diresmikan Jokowi, Begini Penampakan Tiga Pelabuhan Baru di Sultra

  • 09 Juni 2022 09:07:21
  • Views: 5

IDXChannel - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal ro-ro baru di Sukawesi Tenggara. Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jelang peresmian.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan kondisi terakhir tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal ro-ro di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Ketiga pelabuhan penyeberangan yang akan diresmikan yaitu Pelabuhan Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sementara satu unit kapal penyeberangan yang akan diresmikan yaitu Kapal KMP Sultan Murhum II.

“Kita bangun pelabuhan ini menggunakan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dan kita selesaikan ini dalam waktu dua tahun. Keberadaan pelabuhan ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan konektivitas di Wakatobi dan sekitarnya, ujar Menhub dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (9/6/2022).

Saat ini, angkutan penyeberangan di Sulawesi Tenggara melayani 11 lintasan perintis (9 lintas dalam provinsi dan 2 lintas antar provinsi) serta memiliki 7 kapal penyeberangan.

width=800

Sementara di Wakatobi, dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II (yang akan diresmikan). Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko PP.

“Ketiga pelabuhan penyeberangan perintis (Kaledupa, Tomia, Binongko) selesai dibangun pada tahun 2021. Memiliki panjang dermaga 82 M, kedalaman kolam -5m, kapasitas sandar 1000 GRT, tipe dermaga Dolphin, tipe bongkar muat plengsengan, tambahnya. 

Sedangkan, KM Sultan Murhum II merupakan kapal roro yang melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, Tomia-Binongko. Kapal ini mulai beroperasi pada 2 Mei 2022, dengan 4 kali trip dalam seminggu.

“Wakatobi merupakan akronim nama dari empat pulau di tenggara Sulawesi yaitu, Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Pulau ini menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) yang tengah dikembangkan, tandasnya.

Dengan begitu, Kemenhub berkomitmen mendukung tumbuhnya titik ekonomi baru melalui penyediaan sarana dan prasarana transportasi untuk membuka konektivitas antar wilayah di Wakatobi dan sekitarnya. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/akan-diresmikan-jokowi-begini-penampakan-tiga-pelabuhan-baru-di-sultra

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/akan-diresmikan-jokowi-begini-penampakan-tiga-pelabuhan-baru-di-sultra
Tokoh





Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi, joko widodo,
companies Dana,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
products SBSN, Syariah,
places SULAWESI TENGGARA,