Mau Wisata Astronomi? Kunjungi Waduk Sermo di Kulon Progo

  • 09 Juni 2022 09:04:36
  • Views: 11

TEMPO.CO, JakartaDinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan Waduk Sermo menjadi kawasan wisata astronomi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah.

Alasan utama pengembangan Waduk Sermo sebagai kawasan wisata astronomi adalah penyumbang pendapat asli daerah (PAD) kedua setelah Pantai Glagah. Kemudian, alasan lainnya, yakni lokasinya juga memungkinkan, kata Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo, Rabu, 8 Juni 2022.

Joko menjelaskan sebelumnya kawasan wisata astronomi akan dikembangkan di di Kebun Teh Nglinggo-Tritis di Kecamatan Samigaluh. Namun dalam perkembangannya objek wisata tersebut dikembangkan sebagai kawasan geo heritage dengan banyaknya gunung api purba yang ada di sana.

Sebagai langkah pengembangan, Joko mengatakan pihaknya telah menyiapkan 10 unit teleskop monokuler untuk kegiatan pemantauan benda langit, seperti bintang dan meteor. Sebanyak 10 teleskop ini nantinya akan dimanfaatkan untuk promosi kegiatan astronomi di destinasi wisata Waduk Sermo.

Selain itu, Joko akan mendorong pengelola wisata setempat menyiapkan paket-paket wisata yang mendukung, misalnya dengan kegiatan perkemahan di sepanjang lingkar Waduk Sermo. Untuk destinasi wisata astronomi ini bisa dikonsep dengan perkemahan atau camp yang diisi kegiatan pemantauan bintang pada waktu-waktu tertentu, kata dia.

Dinas Pariwisata Kulon Progo sebelumnya telah menggelar Star Camp Festival 2022 pada 28-29 Mei 2022 untuk mempromosikan potensi wisata astronomi di Waduk Sermo. Menurut Joko, Waduk Sermo memang akan menjadi proyek percontohan dalam pengembangan wisata astronomi. Sebab, menurut dia, masih ada ssjumlah objek wisata di Kulon Progo yang memiliki karakter serupa dengan Waduk Sermo.

Baca juga: Ada Dua Hujan Meteor, Simak Kalender Astronomi Bulan Ini

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://travel.tempo.co/read/1599939/mau-wisata-astronomi-kunjungi-waduk-sermo-di-kulon-progo

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1599939/mau-wisata-astronomi-kunjungi-waduk-sermo-di-kulon-progo
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Telegram,
organizations API,
fasums kebun teh,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Gunung, Kulon Progo, Yogyakarta,