Mengenal Jenis-jenis Buta Warna yang Perlu Anda Ketahui

  • 09 Juni 2022 07:04:26
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Buta warna merupakan kondisi umum di mana terjadi penurunan kemampuan untuk melihat atau membedakan warna tertentu. Biasanya kondisi ini terjadi antara nuansa hijau dan merah dan kadang-kadang biru.

Melansir dari MedicineNet, buta warna dapat diturunkan sejak lahir atau didapat akibat proses penuaan, penyakit mata atau cedera, dan efek obat-obatan tertentu.

Kondisi buta warna lebih sering menyerang pria daripada wanita. Diperkirakan ditemukan pada sekitar 1 dari 12 pria dan 1 dari 200 wanita di dunia.

Dikutip dari laman National Eye Institute, ada beberapa jenis buta warna yang dapat dipisahkan menjadi tiga kategori berbeda, yakni buta warna merah-hijau, buta warna biru-kuning, dan buta warna lengkap yang jauh lebih langka.

Buta Warna Merah-Hijau

Buta warna merah-hijau merupakan jenis buta warna yang paling umum membuat sulit untuk membedakan antara merah dan hijau. Ada empat jenis buta warna merah-hijau, di antaranya:

1. Deuteranomali merupakan jenis buta warna merah-hijau yang paling umum. Jenis ini membuat warna hijau terlihat lebih merah. Namun biasanya jenis ini ringan dan tidak mengganggu aktivitas normal.

2. Jenis buta warna Protanomali membuat warna merah terlihat lebih hijau dan kurang cerah. Jenis ini ringan dan biasanya tidak mengganggu aktivitas normal.

3. Protanopia dan Deuteranopia sama-sama membuat Anda tidak bisa membedakan merah dan hijau sama sekali.

Buta Warna Biru-Kuning

Buta warna biru-kuning merupakan jenis buta warna yang kurang umum terjadi dan membuat seseorang sulit untuk membedakan antara warna biru dan hijau, serta antara warna kuning dan merah.

Ada dua jenis buta warna biru-kuning, meliputi:

1. Tritanomaly yang membuat sulit untuk membedakan antara biru dan hijau, dan antara kuning dan merah.

2. Tritanopia yang membuat Anda tidak bisa membedakan antara biru dan hijau, ungu dan merah, dan kuning dan merah muda. Selain itu membuat warna terlihat kurang cerah.

Buta Warna Total

Kondisi buta warna total disebut juga sebagai monokromasi. Seseorang dengan kondisi buta warna total maka tidak bisa melihat warna sama sekali, namun kondisi ini sangat jarang terjadi. Tergantung pada jenisnya, seseorang dengan buta warna total mungkin juga akan mengalami kesulitan melihat dengan jelas dan lebih sensitif terhadap cahaya.

RINDI ARISKA

Baca juga: 3 Jenis Buta Warna: Kenali Unsur-unsur Warnanya

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://gaya.tempo.co/read/1599827/mengenal-jenis-jenis-buta-warna-yang-perlu-anda-ketahui

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1599827/mengenal-jenis-jenis-buta-warna-yang-perlu-anda-ketahui
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Telegram,
topics PPDB,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,