Cuaca Hari Ini, Bandingkan Suhu Panas di Indonesia dan Saudi

  • 09 Juni 2022 05:04:13
  • Views: 16

TEMPO.CO, JakartaBMKG memantau efek sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu dan Laut Natuna bagian selatan terhadap cuaca hari ini, Kamis 9 Juni 2022. Sirkulasi tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sumatera selatan hingga Bengkulu dan dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. 

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di sekitar Laut Flores bagian timur, Laut Arafuru dan Samudera Pasifik Utara Papua. Menurut BMKG, potensi pertumbuhan awan hujan meningkat di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah-daerah konvergensi tersebut.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan hujan disertai petir pada hari ini mencakup Mataram, Pekanbaru, Jambi dan Palembang. Sedangkan yang berpotensi hujan skala sedang adalah Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Pontianak Ambon, Ternate dan Mamuju.  

Suhu udara berkisar 20-34 derajat Celsius, dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Banda Aceh.

Bersamaan dengan telah dimulainya musim haji tahun ini, BMKG juga membagikan informasi prediksi cuaca hari ini di Arab Saudi. Suhu udara di Mekkah, Madinah dan Jeddah dicatat 32-46 derajat Celsius pada Kamis. Di ketiga kota tersebut cuaca cerah pada pagi dan sore.

Kementerian Agama telah mengimbau jamaah haji Indonesia mengantisipasi efek cuaca panas di Arab Saudi. Dia bahkan mengatakan bahwa pada puncak pelaksanaan ibadah haji suhu udara di sana mencapai 49 derajat Celsius. Jamaah haji diingatkan menjaga kondisi tubuh dengan mengatur aktivitas dan memperhatikan konsumsi air minum.

Baca juga:
Cuaca Ekstrem Melanda Prancis, Eiffel Disambar Petir dan Hujan Es Jumbo


https://tekno.tempo.co/read/1599899/cuaca-hari-ini-bandingkan-suhu-panas-di-indonesia-dan-saudi

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1599899/cuaca-hari-ini-bandingkan-suhu-panas-di-indonesia-dan-saudi
Tokoh



Graph