BNPB Imbau Warga Terdampak Gempa Mamuju Tak Mengungsi ke Tempat Tinggi

  • 09 Juni 2022 01:52:27
  • Views: 12

Kamis, 9 Juni 2022 - 00:10 WIB

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga yang terdampak gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, tidak perlu mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Hal tersebut mengacu pada informasi yang diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang melaporkan gempa yang berpusat di koordinat 2,77° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 kilometer arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat, pada kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

BNPB mengimbau warga, khususnya di wilayah yang terdampak guncangan gempa untuk tidak panik, namun tetap waspada. Warga juga tidak perlu mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, karena tsunami dipastikan tidak ada, kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu, 8 Juni 2022.

BNPB mengimbau masyarakat yang sudah telanjur mengungsi ke dataran tinggi diharapkan segera kembali turun dan memeriksa kondisi rumah masing-masing.

Warga

Warga berkendara menuju ke daerah yang dianggap lebih aman setelah gempa melanda bagian wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu siang, 08 Juni 2022.

Apabila mendapati kondisi rumah rusak berat, segera laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota setempat untuk mendapatkan dukungan bantuan tenda keluarga atau tenda darurat agar masyarakat dapat membuat tenda sementara di halaman rumah masing-masing.

Masyarakat terdampak juga punya opsi untuk mengungsi di titik-titik pengungsian terpusat yang dibuka pemerintah daerah. Hal ini akan memudahkan pendataan dan distribusi bantuan.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1483147-bnpb-imbau-warga-terdampak-gempa-mamuju-tak-mengungsi-ke-tempat-tinggi?terbaru=2

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1483147-bnpb-imbau-warga-terdampak-gempa-mamuju-tak-mengungsi-ke-tempat-tinggi?terbaru=2
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
companies ADA,
ministries BMKG, BNPB, BPBD,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, SULAWESI BARAT,
cities Mamuju,