Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Naik, Ini 5 Provinsi Penyumbang Kasus Terbanyak

  • 08 Juni 2022 23:01:09
  • Views: 11

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus aktif Covid-19 harian di Indonesia meningkat dalam 4 hari terakhir. Berikut ini 5 provinsi penyumbang kasus aktif terbanyak satu minggu terakhir, 30 Mei-5 Juni 2022.

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menunjukkan, kasus aktif Covid-19 harian mengalami kenaikan dalam 4 hari terakhir. Kasus aktif harian naik 328 atau 10% dari 3.105 pada 2 Juni menjadi 3.433 di 5 Juni. 

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Wiku, lima provinsi penyumbang kasus aktif terbanyak adalah DKI Jakarta naik 30%, Banten (38%), Jawa Barat (18%), DI Yogyakarta (45%), dan Jawa Timur (37%).

Kelima provinsi berasal dari Pulau Jawa. Hal ini sejalan dengan penduduk Indonesia yang terpusat di Pulau Jawa, katanya dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB, Rabu (8/6).

Baca Juga: Waspada! Kasus Covid-19 Mingguan di Indonesia Melonjak 31% dalam 3 Pekan

Dan, aktivitas masyarakat yang saat ini sudah kembali normal bisa menjadi pemicu salah satu kenaikan kasus aktif, ujar dia.

Tapi kabar baiknya, Wiku menyebutkan, meski mengalami kenaikan kasus aktif, tren penurunan angka kematian dan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) isolasi di rumahsakit di bawah 3% masih terjaga.

Belajar dari gelombang kasus Covid-19 yang telah kita alami bersama, kita harus mewaspadai sekecil apapun kenaikan yang terjadi, tegas Wiku.

Dia juga meminta seluruh kepala daerah, terutama di lima provinsi tersebut, untuk memantau dan memitigasi kenaikan kasus aktif Covid-19 yang terjadi. Termasuk, mengevalusi kebijakan yang berlaku.

Buat masyarakat, jangan lengah, virus corona masih ada di sekitar kita, imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan


https://nasional.kontan.co.id/news/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-naik-ini-5-provinsi-penyumbang-kasus-terbanyak

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-naik-ini-5-provinsi-penyumbang-kasus-terbanyak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
companies ADA, Google, YouTube,
ministries BNPB,
nations Indonesia,
places BANTEN, DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities Yogyakarta,
cases covid-19,