Debt Collector Tarik Kendaraan Nasabah, Massa Geruduk Kantor ACC Finance Kediri

  • 08 Juni 2022 22:23:37
  • Views: 9

Kediri (beritajatim.com) – Puluhan aktivis dari Ikat Pemuda Kediri (IPK) mengadakan aksi unjuk rasa di Kantor ACC Finance Cabang Kediri, pada Rabu (8/6/2022). Massa menolak sikap arogansi dan premanisme debt collector.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ketua Umum IPK Tomi Ari Wibowo mengatakan, aksi massa IPK menyusul adanya kasus penarikan kendaraan yang dilakukan oleh oknum penagih utang alias debt collector terhadap nasabah yang nunggak angsuran pembiayaan kendaraan. Dalam melakukan penarikan, juru tagih ini diduga telah berbuat sewenang-wenang.

width=300

“Tuntutan kita banyak termasuk gudang lembaga pembiayaan yang tidak berizin, debt collector yang menarik kendaraan tanpa surat kuasa. Ini baru nunggak 25 hari, mobil sudah ditarik, kata Tomi Ari Wibowo.

Masih kata Tomi, dalam melakukan penarikan kendarana, pihak penagih diduga tidak mempunyai surat kuasa pelaksanaan eksekusi kendaraan fidusia. Sehingga, tindakan penagihan utang tersebut telah melanggar Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 8 Tahun 2011.

Tomi mencurigai, ada permainan fidusia, karena nasabah tidak pernah diajak ke notaris dalam proses kredit kendaraan tersebut. Selain itu, gudang tempat penyimpanan kendaraan hasil sitaan nasbah diduga belum mengantongi izin.

Sehingga, Tomi minta agar kendaraan yang disita penagih utang segera dikembalikan kepada nasabah dan dititipka kepada pihak berwenang dalam hal ini Polres Kediri Kota. “Kami mohon perizina gudang juga diperiksa oleh pihak kepolisian, tambah Tomi.

Aksi unjuk rasa sempat memanas, karena massa nekat masuk ke dalam kantor ACC Finance. Namun, petugas kepolisian minta agar massa ditemui oleh petugas ACC Finance.Demo yang berjalan alot itu, massa bertahan hingga kendaraan yang disita pihak ACC Finance dikembalikan kepada nasabah.

Sementara itu, pihak ACC Finance belum memberikan klarifikasi terkait penarikan kendaraan nasabah oleh pihak debt collector tersebut. [nm/but]


https://beritajatim.com/peristiwa/debt-collector-tarik-kendaraan-nasabah-massa-geruduk-kantor-acc-finance-kediri/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/debt-collector-tarik-kendaraan-nasabah-massa-geruduk-kantor-acc-finance-kediri/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, WhatsApp,
ministries Polisi,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,