Warga Jakarta Diimbau Teliti Pilih Hewan Kurban

  • 08 Juni 2022 20:44:10
  • Views: 12

height=522
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati dalam Podcast Rabu Belajar yang disiarkan YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (8/6/2022). (foto: Tangkapan layar YouTube)

KBRN, Jakarta: Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati mengimbau masyarakat untuk teliti dalam memilih ternak sapi, terutama untuk kurban saat Idul Adha 9 Juli mendatang. Apalagi saat ini tengah mewabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di sejumlah daerah. 

Kemudian kawan-kawan yang akan melaksanakan pemilihan, penjualan Idul kurban kalau masih ada yang meragu silahkan datangi kantor-kantor Kecamatan terdekat itu kami ada petugas-petugasnya untuk mendampingi, ungkap Suharini dalam Podcast Rabu Belajar yang disiarkan YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (8/6/2022). 

Ia menjelaskan terdapat sejumlah ciri-ciri klinis  yang paling terlihat pada sapi yang terpapar PMK. Seperti suhu tubuh sapi cenderung tinggi hingga melebihi 40 drajat celcius. 

Kemudian mengalami Hipersalivasi atau air liur berlebih lantaran munculnya sariawan yang menyebabkan sapi kesulitan menutup mulutnya. Bahkan dalam kondisi ini kata Suharini membuat sapi kesulitan makan. 

Kedua terjadi Hipersalivasi. Karena apa? karena memang dia mau nutup mulutnya mungkin susah, karena ada sariawan tadi. sehingga dia susah makan, paparnya. 

Gejala lainnya yang tampak yakni mengalami cantengan atau infeksi jaringan lipatan di sekitar kuku hingga menyebabkan sapi kesulitan berdiri. Sehingga dia akan susah berdiri, sehingga kita selalu menyebutnya adalah lumpuh. itu ciri-ciri yang paling terlihat, sambung dia. 

Meski demikian, ia mengajak masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi wabah PMK, sebab penyakit ini tidak menular ke manusia. Ia menegaskan penyakit yang menjangkiti hewan sapi ini bisa disembuhkan. 

Kemudian yang kedua jangan panik tetapi tetap waspada. Kemudian yang ketiga pmk sesungguhnya bisa disembuhkan, jadi tetap semangat untuk semuanya, tandasnya.


https://rri.co.id/daerah/1485577/warga-jakarta-diimbau-teliti-pilih-hewan-kurban?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1485577/warga-jakarta-diimbau-teliti-pilih-hewan-kurban?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, YouTube,
ministries Pemprov DKI Jakarta,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places DKI Jakarta,
animals Sapi,