Polisi Cegat Kendaraan Pengangkut Ternak di Perbatasan Probolinggo-Lumajang

  • 08 Juni 2022 20:23:45
  • Views: 6

Probolinggo (beritajatim.com) – Mengantisipasi meluasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Probolinggo. Polisi dan TNI melakukan penyekatan terhadap angkutan yang membawa hewan ternak, di Pos Polisi Check Point Banjar Sawah Tegal Siwalan, Selasa (7/6/2022).

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menyampaikan, sapi dari luar dilarang masuk ke Kabupaten Probolinggo agar tidak terjadi transmisi penularan PMK pada hewan ternak.

Dari hasil penyekatan tersebut, petugas berhasil memutar-balikkan angkutan kendaraan yang membawa hewan ternak kembali menuju daerah asal, yakni Kabupaten Lumajang.

“Hari ini kami melakukan penyekatan di jalur Lumajang-Probolinggo, di mana jalur ini sering digunakan untuk mengangkut ternak dari wilayah Lumajang untuk dijual di wilayah Probolinggo. Tadi sudah ada dua kendaraan yang kami minta untuk melakukan putar balik, kata Arsya.

Lebih lanjut, Arsya mengatakan, bahwa kedua kendaraan yang di minta putar balik terindikasi ada beberapa hewan ternak yang terpapar PMK, sebab pada mulut sapi mengeluarkan air liur yang cukup banyak.

“Hewan ternak yang dibawa tidak dilengkapi surat kesehatan dan ada indikasi gejala awal terpapar PMK. Penyekatan ini kami lakukan agar tidak ada hewan yang terpapar PMK masuk ke Kabupaten Probolinggo, sehingga tidak terjadi penyebaran dan hewan yang sakit segera mendapat pengobatan, tutur Kapolres Probolinggo.

Usai memantau penyekatan di perbatasan Probolinggo-Lumajang, Arsya melakukan bhakti sosial berupa penyuluhan dan pemberian sembako kepada 60 peternak di Kabupaten Probolinggo yang terdampak PMK.

“Kami berikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak panik ketika hewan ternaknya terindikasi terpapar PMK sembari menunggu vaksinasi dari pemerintah pusat. Untuk pemberian sembako ini merupakan bentuk kepedulian Polres Probolinggo kepada para peternak, pungkas Arsya. [tr/but]

 


https://beritajatim.com/peristiwa/polisi-cegat-kendaraan-pengangkut-ternak-di-perbatasan-probolinggo-lumajang/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/polisi-cegat-kendaraan-pengangkut-ternak-di-perbatasan-probolinggo-lumajang/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Teuku Arsya Khadafi,
companies ADA, Google,
ministries Polisi, TNI,
events vaksinasi,
products sembako,
places JAWA TIMUR, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjar, Lumajang, Probolinggo, Tegal,
animals Sapi,