Menhub Cek 3 Pelabuhan di Wakatobi yang Diresmikan Jokowi Besok

  • 08 Juni 2022 20:05:29
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengecek tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal Ro-Ro di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu, 8 Juni 2022. Tiga pelabuhan tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi, esok, 9 Juni.

“Kita bangun pelabuhan ini menggunakan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dan kita selesaikan ini dalam waktu dua tahun. Keberadaan pelabuhan ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan konektivitas di Wakatobi dan sekitarnya, kata Budi Karya, Rabu.

Ketiga pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Kaledupa, Pelabuhan Tomia, dan Pelabuhan Binongko. Budi Karya menyebut tiga pelabuhan itu selesai dibangun pada 2021. Pelabuhan memiliki panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam 5 meter, dan kapasitas sandar 1.000 GRT.

Ketiga pelabuhan ini memiliki tipe dermaga dolphin dan tipe bongkar muat plengsengan. Keberadaan pelabuhan diharapkan menambah daya tampung angkutan penyeberangan di Sulawesi Tenggara.

Adapun Sulawesi Tenggara kini memiliki  11 lintasan perintis. Lintasan itu terbagi atas sembilan lintas dalam provinsi dan dua lintas antar-provinsi. Selain itu, Kemenhub memiliki tujuh kapal penyeberangan.  

Sedangkan kapal penyeberangan yang akan diresmikan ialah KMP Sultan Murhum II. KM Sultan Murhum II adalah kapal yang melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, dan Tomia-Binongko. Kapal ini mulai beroperasi pada 2 Mei 2022 dengan total empat kali trip sepekan.

Adapun kapal senilai Rp 39,3 miliar itu diproduksi oleh PT Industri Kapal Indonesia (IKI) sejak September 2020 dan selesai pada Desember 2021. Kapal tersebut berbobot 500 GT; memiliki panjang 46,80 meter; dan kecepatan 13 knot.

Kapal memiliki kapasitas angkut 262 penumpang dan kendaraan 16 truk sedang serta 26 kendaraan kecil. Pada tahun ini, Kemenhub akan memberikan subsidi Rp 17,9 miliar untuk pelayanan kapal penyeberangan di Wakatobi yang dioperatori oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Adapun tarif angkutan penyeberangan lintas Wanci-Kaledupa (38 mile) untuk orang dewasa ditetapkan Rp 70 ribu dan kendaraan golongan 1 Rp 24 ribu. Kemudian lintas Kaledupa-Tomia (34 mile) untuk orang dewasa Rp 62 ribu dan kendaraan golongan 1 Rp 20 ribu. Sementara itu, lintas Tomia-Binongko (28 mile) untuk orang dewasa Rp 32 ribu dan kendaraan golongan 1 Rp 10 ribu.

Baca juga: Dermaga Sanur Hampir Kelar, Menhub: Penumpang Tak Perlu Lagi Masuk ke Air

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

 


https://bisnis.tempo.co/read/1599814/menhub-cek-3-pelabuhan-di-wakatobi-yang-diresmikan-jokowi-besok

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1599814/menhub-cek-3-pelabuhan-di-wakatobi-yang-diresmikan-jokowi-besok
Tokoh







Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi, Budi Setiyadi, joko widodo,
companies Dana, Google,
ministries Kemenhub,
topics Mudik,
products SBSN, Syariah,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta, LAMPUNG, SULAWESI TENGGARA,