Usut Kasus Proyek Fiktif Gerobak UMKM Kemendag, Bareskrim Polri Segera Tetapkan Tersangka

  • 08 Juni 2022 19:47:32
  • Views: 15

Suara.com - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri tengah mengusut kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan bantuan gerobak bagi usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM Kementerian Perdagangan (Kemendag) periode 2018-2019. Dari hasil penyelidikan awal, penyidik menduga adanya pengelembungan anggaran hingga penyelewengan bantuan.

Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Polri, Brigjen Cahyono Wibowo menyebut penyelidikan terkait kasus ini diawali atas adanya informasi dari masyarakat.

Masyarakat yang seharusnya mendapatkan haknya tapi karena tidak mendapatkan haknya sehingga memberikan laporan pengaduan masyarakat kepada kami, kata Cahyono di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Proyek pengadaan bantuan gerobak ini, kata Cahyono, awalnya diperuntukkan bagi pelaku UMKM secara gratis. Namun, dalam pelaksanaannya diduga telah terjadi penyelewengan.

Baca Juga: Mabes Polri Tanggapi Kabar Indra Kenz Dipulangkan-Aset Dikembalikan

Bareskrim
Bareskrim Polri sita barang bukti kasus korupsi proyek fiktif gerobak UMKM Kemendag. (Suara.com/M Yasir)

Penerima fiktif, bahkan penerimanya tidak sampai, ujarnya.

Nilai daripada anggaran yang dikeluarkan oleh Kemendag dalam proyek ini mencapai Rp76 miliar. Rinciannya, pada tahun 2018 sebesar Rp49 miliar untuk pengadaan 7.200 unit gerobak. Selanjutnya, di tahun 2019 senilai Rp26 miliar untuk pengadaan 3.570 unit gerobak.

Jadi totalnya ini sebanyak dua tahun anggaran sekitar Rp76 miliar, ungkapnya.

Atas adanya temuan tersebut, lanjut Cahyono, pihaknya telah menaikkan perkara dugaan korupsi ini ke tahap penyidikan. Dalam waktu dekat ini dia mengklaim akan segera menetapkan tersangka.

Ada indikasi aliran uang ke beberapa pihak. Kemudian kita setelah mendapatkan alat bukti yang lain, tentunya juga kita akan nilai berdasarkan kekuatan dan kecukupan, kita langsung akan menetapkan para pihak sebagai tersangka, pungkasnya.

Baca Juga: Aset Indra Kenz Kembali Disita, Kali Ini Uang Senilai Rp1,88 Miliar


https://www.suara.com/news/2022/06/08/194050/usut-kasus-proyek-fiktif-gerobak-umkm-kemendag-bareskrim-polri-segera-tetapkan-tersangka

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/08/194050/usut-kasus-proyek-fiktif-gerobak-umkm-kemendag-bareskrim-polri-segera-tetapkan-tersangka
Tokoh



Graph

Extracted

persons Indra Kenz,
companies ADA,
ministries Bareskrim Polri, Kemendag, Mabes Polri,
products UMKM,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT, RIAU,
cities Kebayoran Baru,
cases korupsi, Tipikor,