Superyacht Milik Crazy Rich Rusia Ditangkap FBI, Harganya Tembus Rp4 Triliun

  • 08 Juni 2022 18:47:26
  • Views: 6

AKURAT.CO, Superyacht senilai USD325 juta atau Rp4,68 triliun (kurs Rp 14.000) yang menurut otoritas Amerika Serikat (AS) dimiliki oleh oligarki Rusia Suleiman Kerimov sedang berlayar ke AS. Pengadilan tinggi Fiji telah menyetujui permintaan penyitaan pada Selasa kemarin.

Kapal pesiar yang bernama Amadea ini telah menjadi subjek selisih selama berminggu-minggu terkait kepemilikannya. Sementara sebelumnya juga AS telah berupaya menyita Amadea untuk menghukum miliarder Rusia terkait invasi ke Ukraina.

Yacht Amadea meninggalkan Fiji sehari setelah hakim federal di New York menandatangani surat perintah yang memberi wewenang kepada Departemen Kehakiman AS, sedangkan dua jet milik oligarki Rusia lainnya, Roman Abramovich, senilai USD 400 juta turut disita.

baca juga:

Dalam penangkapan ini, Anthony Coley mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah Fiji karena dedikasinya untuk hukum dan tindakan yang telah diterapkan kepada kapal tersebut.

Amerika Serikat dalam hal ini sangat berterima kasih kepada kepolisian dan jaksa Fiji atas ketekunan dan dedikasinya terhadap aturan hukum yang menjadi memungkinkan melakukan tindakan (penyitaan) ini, kata juru bicara kehakiman AS, Anthony Coley lewat Twitter, dikutip dari CNBC, Rabu (8/6/2022).

Pengacara Millemarin, Feizal Haniff, mengatakan bila pemilik sebenarnya dari kapal tersebut ialah orang Rusia lainnya, yaitu Eduard Khudainatov, mantan CEO perusahaan minyak dan gas Rosneft. Sedangkan Khudainatov sendiri bukanlah target sanksi oleh AS atau Uni Eropa.

Menurut Haniff, AS tidak memiliki yurisdiksi untuk menyita Amadea sampai masalah kepemilikan dapat diselesaikan.

Khudainatov juga tercantum dalam dokumen sebagai pemilik superyacht lain, Scheherazade, yang bernilai USD 700 juta. Scheherazade dikaitkan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pemerintah Italia menyita Scheherazade bulan lalu di pelabuhan Marina di Carrara.

Sebelumnya Mahkamah Agung Fiji telah memberikan perintah agar Amadea segera keluar dari perairan Fiji. Biaya berlabuh yang sangat tinggi menjadikan beban tersendiri bagi pemerintah setempat.

Biaya operasional Amadea sekitar USD 25 juta - USD 30 juta per tahun. Ini yang menjadikan pemerintah Fiji membayar biaya tersebut selama proses penyitaan berlangsung dan menjadi tekor akibatnya.[]


https://akurat.co/superyacht-milik-crazy-rich-rusia-ditangkap-fbi-harganya-tembus-rp4-triliun

Sumber: https://akurat.co/superyacht-milik-crazy-rich-rusia-ditangkap-fbi-harganya-tembus-rp4-triliun
Tokoh





Graph

Extracted

persons Roman Abramovich, Vladimir Putin,
companies Twitter,
ministries FBI, MA, Polisi,
nations Amerika Serikat, Fiji, Italia, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
cities New York,