Polres Jakbar Bongkar Penipuan Proyek Pengadaan Alkes dengan Catut Nama BNPB

  • 08 Juni 2022 18:49:15
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat membongkar proyek pengadaan alat kesehatan yang mencatut nama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Sejumlah investor menderita kerugian Rp 65 miliar akibat penipuan tersebut. 

Ada enam orang tersangka yang kini telah ditangkap penyidik Polres Jakbar. Mereka bekerja sama mengaet calon investor untuk ikut berpartisipasi menggarap proyek pengadaan alkes dari BNPB.

Kami sudah amankan enam orang, kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce saat konferensi pers, Rabu (8/6/2022).

Faktanya, proyekt fiktif dan PT RBS tidak pernah terdaftar sebagai distributor dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

Pasma menerangkan, dari enam tersangka, dua orang merupakan Komisaris PR RBS berinisial SK, sementara REP menjabat sebagai Direktur PT RBS. Kedua pelaku kemudian mempekerjakan empat orang karyawan untuk membantu mencari calon investor.

Mulanya, YF dan WA membuat status di media sosial untuk memberitahukan adanya peluang investasi pengadaan barang-barang alat kesehatan di beberapa rumah sakit di pemerintahan.

(Iming-iming) dana yang dikumpulkan digunakan untuk proyek dan akan mendapat keuntungan secara langsung, jelas Pasma. 

Lanjut Pasma, REP selaku Direktur PT RBS kemudian memberitahukan kepada YF dibutuhkan investor untuk mengerjakan proyek pengadaan alat kesehatan di BNPB.

YF meneruskan kepada para korban terkait pengadaan barang alkes tersebut, ujar dia.

Pasma menyebut, antara pimpinan perusahaan PT RBS dengan investor maupun karyawan sepakat terkait pembagian keuntungan.

Jadi dari saudara AS dan REP mendapat keuntungan 20 persen. Lalu diserahkan kepada saudara YF, ini dipotong 1 persen dan diterima 19 persen keuntungan. YF, WA dan M mengambil keuntugan 2 sampai persen. Sedangkan, 10 persennya diserahkan kepada korbannya, ucap dia.

 

Warga korban erupsi Gunung Semeru yang kehilangan tempat tinggal menurut rencana akan direlokasi. Saat ini rencana tersebut masih dalam pembahasan pemerintah setempat, dan sementara menunggu relokasi, BNPB akan memberikan bantuan uang sewa rumah sela...


https://www.liputan6.com/news/read/4981627/polres-jakbar-bongkar-penipuan-proyek-pengadaan-alkes-dengan-catut-nama-bnpb

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4981627/polres-jakbar-bongkar-penipuan-proyek-pengadaan-alkes-dengan-catut-nama-bnpb
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
ministries BNPB, Kemenkes,
fasums Polres Metro Jakarta Barat,
places DKI Jakarta,
cities Gunung,