Presiden Meyakini Harga Mobil Listrik akan Terjangkau

  • 08 Juni 2022 18:32:39
  • Views: 17

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyakini, di masa mendatang, harga mobil listrik di Indonesia akan lebih murah dan terjangkau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara usai mencoba mengendarai mobil listrik untuk meninjau proyek KCC Glass di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Agenda ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Jawa Tengah.

Untuk pertama seperti itu karena memang harga hampir 50% harga dari mobil itu emang cost-nya ada di baterainya, kata Presiden Jokowi, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, harga mobil listrik akan murah, seiring dengan berkembangnya teknologi. Terlebih, jika nantinya mobil listrik dapat dibangun dari hulu sampai hilir di Indonesia.

Sehingga kalau nanti ketemu teknologi terbaru, harga baterainya akan makin murah, makin murah, makin murah. Apalagi dibangun di Indonesia, di tempat di mana nikelnya itu ada, kobaltnya ada, sehingga semuanya dikerjakan dari hulu sampai hilir itu akan bisa menekan cost yang paling murah sehingga kompetitif. Saya kira ini masalah teknologi saja, ungkapnya.

Menurut Presiden, kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya pemerintah yang ingin membangun sebuah ekosistem besar. Ekosistem kendaraan listrik tersebut mencakup dari hulu sampai ke hilir.

Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelternya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk ke litium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya, ujarnya. 

Setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu recycle baterai listriknya sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan, lanjutnya.

Perlu diketahui, mobil Genesis dari Hyundai digunakan Presiden Jokowi dan rombongan yang membawa mereka ke KITB, Kabupaten Batang. 

Mobil jenis sedan tersebut rencananya juga akan digunakan sebagai kendaraan resmi bagi para pemimpin negara-negara G20 pada perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November 2022 mendatang. 

Hal tersebut juga pernah diungkapkan oleh Presiden, saat bertemu Ketua Majelis Nasional Republik Korea Park Byeong Seug, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Maret lalu.

Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5 menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel, ucap Presiden saat itu.

Untuk diketahui, mobil listrik tersebut dibekali baterai litium-ion berkapasitas 87.2 kWh dengan daya 272 kW atau setara 200 tk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem penggerak e-AWD.

Dengan figur tersebut, mobil listrik ini bisa berakselerasi dari 0 ke 100 kilometer per jam dalam waktu 4.9 detik, saja sehingga sangat cocok bila harus berakselerasi karena kebutuhan darurat.


https://rri.co.id/ekonomi/1485005/presiden-meyakini-harga-mobil-listrik-akan-terjangkau?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1485005/presiden-meyakini-harga-mobil-listrik-akan-terjangkau?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Badung, Batang,
transportations mobil listrik,
brands Genesis, Hyundai,