Warga Diminta Waspada Luapan Material Erupsi Gunung Ile Lewotolok

  • 08 Juni 2022 17:52:58
  • Views: 14

Rabu, 8 Juni 2022 - 16:22 WIB

VIVA – Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengingatkan warga setempat untuk mewaspadai luapan material erupsi dari kawasan puncak gunung api tersebut agar tidak terjadi korban.

Saat ini karena kawah di puncak gunung itu cukup luas sehingga materialnya masih tertampung. Namun, jika sudah penuh dan sama tinggi dengan puncak bibir gunung maka akan meluap, kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Arakian saat dihubungi dari Kupang, Rabu, 8 Juni 2022.

Ia menyebut material erupsi di kawah Gunung Ile Lewotolok di Pulau Lembata itu makin bertambah dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Hingga saat ini, ujar dia, tinggal sekitar 3-5 meter material erupsi di kawah gunung itu meluap jika ada celah di kawasan puncak Gunung Ile Lewotolok.

Gunung

Ia menyebutkan beberapa desa yang rawan terdampak luapan material jika terjadi peningkatan intensitas erupsi gunung tersebut, seperti Desa Lewotolok, Bungamuda, Waowala, dan Riangbao. Oleh karena itu, ujar dia, masyarakat di sejumlah desa itu perlu meningkatkan kewaspadaan.

Pemerintah daerah juga diimbau menyosialisasikan kondisi tersebut, agar masyarakat mengetahui dan menyadari pentingnya evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika kestabilan di puncak gunung itu terganggu dikhawatirkan akan terjadi longsor dari puncak gunung dan sejumlah desa itu dikhawatirkan akan menjadi sasaran longsor, tambah dia.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1482975-warga-diminta-waspada-luapan-material-erupsi-gunung-ile-lewotolok?terbaru=6

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1482975-warga-diminta-waspada-luapan-material-erupsi-gunung-ile-lewotolok?terbaru=6
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
organizations API,
topics longsor,
places NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Gunung, Lembata,