1 dari 3 Warga Kota Bandung Mengidap Hipertensi, Mulai dari Usia 15 Tahun!

  • 08 Juni 2022 16:55:52
  • Views: 4

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani menyebut data tersebut berdasarkan hasil riset Dinkes Kota Bandung pada tahun 2018 lalu. 

 

Prevalensinya mencapai 36.6 persen dari jumlah penduduk Kota Bandung di atas usia 15-69 tahun. Hingga Mei 2022, total aduan hipertensi ada 28.000, jadi memang ada juga usia muda, ujarnya di Balai Kota Bandung, Rabu, 8 Juni 2022.

 

Ira menyebut alasan mengapa usia muda bisa terjangkit hipertensi terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor yang tidak bisa dikendalikan dan bisa dikendalikan. Untuk faktor yang tidak bisa dikendalikan, seperti usia, jenis kelamin, dan keturunan.

 

Tapi, ada juga faktor yang bisa kita kendalikan, seperti pola diet, menu makanan yang tidak seimbang, kurang olahraga, konsumsi garam berlebih, dan tingkat stress yang tinggi, akunya.

 

 

Untuk hipertensi, Ira menyebut penyakit ini  sebagai silent killer. Pasalnya, baru ketahuan ketika sudah bergejala, seperti stroke, sakit ginjal, dan masalah jantung.

 

Biasanya, hipertensi diidentikan pada orang usia lanjut. Namun, dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi penderitanya mulai bergeser ke usia yang lebih muda, ungkap Ira. 

 

Maka dari itu, Ira mengingatkan masyarakat untuk rutin melakulan screening atau cek kesehatan di puskesmas terdekat. Jangan sampai menunggu ada gejala dulu baru memeriksakan ke dokter.

 

 

Mau ada gejala atau tidak, minimal setahun sekali periksa tekanan darahnya ke puskesmas terdekat. Biayanya gratis, sudah dijamin pemerintah, ujarnya.

 

Memang perlu upaya-upaya yang harus kita lakukan. Warisan ke anak cucu bukan cuma hutan, sawah, lautan, kosan, tapi juga kesehatan, tandasnya. [*]

 


https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793574690/1-dari-3-warga-kota-bandung-mengidap-hipertensi-mulai-dari-usia-15-tahun

Sumber: https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793574690/1-dari-3-warga-kota-bandung-mengidap-hipertensi-mulai-dari-usia-15-tahun
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Dinkes, Kemenkes,
topics diabetes, stroke,
places JAWA BARAT,
cities bandung,