Menteri Bahlil Cerita Pencak Silat di Bisnis Baterai Kendaraan Listrik

  • 08 Juni 2022 15:04:46
  • Views: 15

TEMPO.CO, JakartaMenteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menceritakan bagaimana kerja keras Indonesia menadi produsen global baterai kendaraan listrik.

Menteri Bahlil menyebut banyak godaan yang harus dihadapi pemerintah unt,uk menggolkan tujuannya.

Kelihatannya negara-negara tetangga kita sebagian belum ikhlas kalau Indonesia jadi negara industrialis baterai mobil karena banyak sekali 'pencak silat-nya', katanya acara Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi di KIT Batang, Jateng, hari ini, Rabu, 8 Juni 2022.

Bahlil menjelaskan upaya komprehensif Indonesia untuk bisa menggaet industri baterai kendaraan listrik masuk ke dalam negeri. Upaya tersebut dimulai sejak 2019 ketika pemerintahan Presiden Jokowi berhasil membuat Hyundai membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

Setelah Hyundai membangun dan memproduksi mobil listrik, Konsorsium LG yang bekerjasama dengan sejumlah BUMN tengah membangun ekosistem baterai listrik di Indonesia dengan rencana investasi total USD 9,8 miliar (setara Rp 142 triliun).

Hingga hari ini, Konsorsium LG resmi mengimplementasikan rencana tahap kedua pengembangan industri baterai kendaraan listrik terintegrasi di KIT Batang, Jawa Tengah.

Kementerian Perdagangan Industri, dan Energi (MOTIE) Korea Selatan dan LG sepakat sejak 2020 untuk membangun ekosistem baterai listrik di Indonesia, ucapnya.

Kolaborasi Konsorsium LG dengan UMKM dan pengusaha daerah juga terjalin dengan baik. Pekerjaan recycle baterai kendaraan listrik akan ditangani UMKM, bukan BUMN, sehingga Kadin bisa ambil bagian dalam bisnis tersebut.

BacaLimbah Baterai Kendaraan Listrik Bisa Munculkan Sentra Ekonomi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.


https://otomotif.tempo.co/read/1599697/menteri-bahlil-cerita-pencak-silat-di-bisnis-baterai-kendaraan-listrik

Sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1599697/menteri-bahlil-cerita-pencak-silat-di-bisnis-baterai-kendaraan-listrik
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies Google, Grab,
ministries Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), BKPM, Kemendag,
topics Listrik,
products baterai kendaraan listrik, kendaraan listrik, UMKM,
nations Indonesia, Korea Selatan,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Batang, Cakung,
transportations mobil listrik,
brands Hyundai,