4,5% Wilayah Jawa Barat Terdampak PMK

  • 08 Juni 2022 14:08:56
  • Views: 4

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan 4,5 persen daerah di wilayahnya terdampak penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Ia memastikan penanganan secara masif pun telah dilakukan dengan cara membentuk gugus tugas untuk mengantisipasi penularan.
 
Dan berita baiknya, wilayah Jawa barat yang terdampak oleh penyakit mulut dan kuku ini hanya 4,5 persen kalau berbasis desa ya karena itu lebih akurat. Jadi kalau berbasis desa 95,5 persen wilayah Jawa barat tidak terdampak, kata Ridwan Kamil, di Kantor Kemenag Jabar, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Rabu, 8 Juni 2022.
 
Wilayah yang terdampak PMK di antaranya Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan Banjar. Penanganan masif pun terutama di wilayah tersebut tengah dilakukan terutama jalur distribusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi strateginya seperti penyakit covid-19, kita ada gugus tugas sampai ke kecamatan desa hanya 4,5 persen wilayah Jawa barat yang terdampak karena mayoritas hewan ternak Jawa barat itu sebenarnya dari daerah lain. Kita ini lebih ke provinsi konsumen kalau hewan ternak ya, bebernya.
 
Baca juga: Belasan Anak Sapi Mati Terdampak Wabah PMK
 
Selain itu, Emil pun saat ini tengah mengajukan vaksinasi untuk hewan ternak ke pemerintah pusat.
 
Nantinya, hewan ternak di Jabar terutama yang banyak kasus PMK-nya akan dilakukan vaksinasi, tutur Emil.
 
Sementara itu menjelang Iduladha, Emil mengimbau masyarakat yang hendak membeli hewan kurban untuk lebih teliti. Pasalnya, hewan ternak yang diperbolehkan untuk kurban yakni yang telah mengantongi sertifikat dan diberi tanda sehat.
 
Warga Jawa barat jangan khawatir pada saat nanti mau berkuban itu harus cek dulu telinganya ada tindikan kuping kuning atau tidak, sisanya kami pastikan penularan bisa kita batasi dengan pemeriksaan di batas wilayah Jawa barat, terang dia.
 
Ada gugus tugas di desa-desa dan kecamatan, vaksinasi, obat-obatan. (Penanganannya) persis seperti kepada manusia. Kira-kira begitu itu kita lakukan itu yang terkait penyakit mulut dan kuku, imbuhnya.
 

(MEL)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/Obz4EzeK-4-5-wilayah-jawa-barat-terdampak-pmk

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/Obz4EzeK-4-5-wilayah-jawa-barat-terdampak-pmk
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil, Sudirman,
companies ADA,
ministries gugus tugas, Kemenag,
organizations Persis,
events vaksinasi,
products Hewan kurban,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities bandung, Banjar, Garut, Tasikmalaya,
cases covid-19,
animals Sapi,