KPK Cecar Legal Antam soal Kesepakatan Kontrak di Kasus Anoda Logam

  • 08 Juni 2022 11:25:08
  • Views: 12

Jakarta -

KPK telah memeriksa pihak legal Antam, Robby Tejamukti, sebagai saksi kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam dan PT Loco Montrado pada 2017. KPK mendalami saksi soal kesepakatan kontrak kedua belah pihak tersebut.

Hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses hingga kesepakatan kontrak antara PT AT Tbk (Aneka Tambang) dan PT LM (Loco Montrado) untuk pengolahan anoda logam (dore kadar emas rendah) tahun 2017, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Robby diperiksa pada Selasa (7/6). Dia diperiksa di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Kasus dugaan korupsi ini sudah masuk tahap penyidikan, tapi KPK belum mengungkap detail siapa tersangka. Konstruksi perkaranya juga belum dijelaskan oleh KPK.

Saat ini KPK sedang melakukan penyidikan perkara dugaan TPK terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara PT AT Tbk (Aneka Tambang) dan PT LM (Loco Montrado) tahun 2017, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

KPK belum dapat menjabarkan mengenai konstruksi lengkap perkaranya, pasal yang disangkakan, serta pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, imbuh Ali.

Meski belum diumumkan KPK, Direktur PT Loco Montrado Siman Bahar telah mengajukan gugatan praperadilan terhadap status tersangka dalam kasus ini. Gugatannya pun dikabulkan hakim hingga status tersangkanya gugur.

Namun Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan hal itu hanya sebatas pengujian legalitas formal. Dia mengatakan KPK masih terus menjalani proses penyidikan pada kasus ini.

Kemudian masalah praperadilan, apa pun keputusan praperadilan, itu masih menguji legalitas formal terhadap prosedur. Kalaupun ada putusan yang harus memerintahkan kepada kami untuk SP3, kami akan SP3, kata Karyoto dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Rabu (26/1).

Simak juga 'Saat Tersangka Kasus Korupsi Anoda Logam Ajukan Praperadilan':

[Gambas:Video 20detik]

(azh/fas)

https://news.detik.com/berita/d-6116027/kpk-cecar-legal-antam-soal-kesepakatan-kontrak-di-kasus-anoda-logam

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6116027/kpk-cecar-legal-antam-soal-kesepakatan-kontrak-di-kasus-anoda-logam
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ali Fikri, Karyoto,
companies ADA,
ministries KPK,
topics SP3,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
products emas,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,