Investasi Nestle Lebih dari Rp 8,6 Triliun di Indonesia, Ini Harapan Menko Luhut

  • 08 Juni 2022 10:08:17
  • Views: 11

IDXChannel - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan bahwa Nestle telah melakukan investasi di Indonesia secara total lebih dari Rp 8,6 triliun. Bahkan salah satu produknya, Milo, kini telah diproduksi sepenuhnya di dalam negeri.

NIlai investasi dan produksi tersebut bakal terus meningkat, lentaran Nestle masih terus melakukan penambahan kapasitas pabrik susu Milo di Indonesia.

Jadi produk milo ini sudah 100 persen diproduksi di Indonesia. Nestle sudah berinvestasi Rp 8,6 triliun di Indonesia, ujar Luhut, di Karawang, Rabu (8/6/2022).

Ke depan, menurut Luhut, pemerintah terus mendorong Nestle dalam pelibatan Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri secara lebih maksimal. Termasuk misalnya dalam hal penyerapan petani dan peternak lokal.

“Saya berharap, government procurement hingga bisa beli susunya dioptimalkan ke UMKM ,agar lebih maju investasi Nestle ini. Nilai(investasi)nya Rp368 miliar, tambahnya. 

Dengan demikian, diharapkan dapat semakin memperbesar penyerapan susu di kalangan peternak sapi yang ada di Karawang, sehingga perlu pertimbangan juga untuk ekspor. 

“Pemerintah terus mendorong masyarakat serta sektor bisnis dan industri untuk semakin memperkuat produksi dalam negeri demi semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama pasca pandemi,tambahnya.

Investasi ini di antaranya ditujukan untuk penambahan instalasi mesin proses Vacuum Band Dryer (VBD 2) di Pabrik Nestlé Karawang. Investasi juga dilakukan untuk pengadaan fasilitas boiler biomassa yang bertempat di Karawang. 

“Ini akan terus dikembangkan, pembangunan instalasi boiler biomassa Nestle juga mendorong penyerapan gabah petani sehingga mengurangi signifikan efek rumah kaca, ujarnya.

“Kalau gak keliru Kapasitas boiler biomassa ini mencapai 8.800 ton sekam padi per tahun dari petani dan market ini harus lebih besar lagi, tandasnya. (TSA)


https://www.idxchannel.com/economics/investasi-nestle-lebih-dari-rp-86-triliun-di-indonesia-ini-harapan-menko-luhut

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/investasi-nestle-lebih-dari-rp-86-triliun-di-indonesia-ini-harapan-menko-luhut
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies ADA, MNC, Nestle,
topics ekspor,
products UMKM,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Karawang,
animals Sapi,