50 Tahun Hubungan Diplomatik, Korea Selatan Promosi Budaya ke Indonesia

  • 08 Juni 2022 10:03:34
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan pada September 2023 akan genap berusia 50 tahun. Kedua negara melakukan sejumlah upaya untuk terus menguatkan hubungan tersebut.

Di antara upaya tersebut adalah dengan didirikannya Korea Foundation (KF) di Indonesia pada Oktober 2019 lalu. Pendirian kantor cabang Korea Foundation tersebut terasa spesial karena sejauh ini kantor Korea Foundation di luar Korea Selatan, baru ada di tiga kota yakni Hanoi, Washington dan Berlin.

Lee Geun Presiden Korea Foundation dalam kesempatan jamuan rombongan wartawan ‘Indonesia Next Generation Journalist Network on Korea’, menjelaskan untuk bisa mendirikan kantor cabang Korea Foundation di luar negeri bukan perkara mudah. Sebab harus mendapat izin dari Kementerian Keuangan Korea Selatan yang sangat ketat dengan anggaran.

“Jadi, ini sebuah usaha keras dari Korea Foundation untuk membuka cabang di Indonesia, kata Lee.

Penari mengenakan pakaian adat dan menarikan tarian tradisional dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Gyeongbokgung royal palace di Seoul, Korsel, 19 Februari 2015. Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional terbesar di Korea Selatan. (Chung Sung-Juni/Getty Images) 

Menurut Lee, dikabulkannya keinginan membuka kantor cabang Korea Foundation di Indonesia oleh Kementerian Keuangan Korea Selatan karena alasan pertimbangan hubungan kedua negara, strategi global dan personal network.    

Sedangkan Choi Hyunsoo, Direktur Korea Foundation untuk Indonesia menjelaskan sejumlah kegiatan yang akan dilakukan Korea Foundation Indonesia dalam waktu dekat adalah menggelar webinar dengan para akademisi, mengadakan pameran seni dan membuka program belajar kelas bahasa Korea bagi WNI selama 6 bulan langsung dari Korea Selatan.

    

“Fokus kami adalah mempromosikan Korea Selatan di luar negeri. Ada orang-orang yang kuliah jurusan bahasa Korea di universitas – universitas dan kami berharap bisa terkoneksi dengan mereka. Kami juga ingin mempromosikan agar warga Indonesia tertarik kuliah di Korea Selatan, kata Choi kepada Tempo.    

Menurut Choi, hal lain yang akan menjadi fokus pihaknya adalah program pertukaran budaya. Contohnya menggelar pameran seni kontemporer dan acara nonton bareng film Korea Selatan. Sedangkan menyambut 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Korea Selatan, Korea Foundation Indonesia pada tahun depan berencana mengadakan pameran Korean Art, salah satunya menyajikan pertunjukan musik tradisional Korea Selatan.

Baca juga: Warga Shanghai Rayakan Kebebasan Setelah Dua Bulan Lockdown COVID-19

     

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1599537/50-tahun-hubungan-diplomatik-korea-selatan-promosi-budaya-ke-indonesia

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1599537/50-tahun-hubungan-diplomatik-korea-selatan-promosi-budaya-ke-indonesia
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
ministries Kementerian Keuangan,
topics lockdown,
nations Indonesia, Korea Selatan,
places DKI Jakarta,
cities Berlin, Hanoi, Seoul, Shanghai, Washington,
cases covid-19,